Sukses

Health

Pahami Efek Pemakaian Pasta Gigi Fluoride Saat Hamil, Benarkah Berbahaya

Fimela.com, Jakarta Penggunaan pasta gigi dengan kandungan fluoride saat hamil rupanya membuat banyak ibu khawatir. Padahal, hampir 80% pasta gigi yang beredar di pasaran mengandung fluoride. Bukan tidak memiliki manfaat, fluoride dengan kandungan tertentu pada pasta gigi bisa menjaga kondisi tulang dan gigi manusia agar lebih baik. 

Rupanya, tak hanya ditemukan dalam pasta gigi, namun fluoride juga terdapat pada air minum kemasan. Namun sangat dibatasi, yaitu maksimal 1 mg/liter dan harus suah menapatkan label SNI. Rupanya, kadar fluoride berlebih bisa merusak gigi dan tulang. Tapi, bagaimana jika digunakan oleh ibu hamil? 

Risiko terkait terhadap fluoride

1. Gejala ADHD

Sebuah penelitian yang melibatkan 200 ibu hamil dan anak-anaknya membuktikan jika kadar fluoride dalam urin yang tinggi selama hamil memiliki keterkaitan dengan gejala ADHD. Hal ini diungkapkan oleh Dr. Morteza Bashash, pemulis utama penelitian dan peneliti Dalla Lana School of Public Health. 

2. Fluoride terkait dengan IQ yang rendah

Penelitian ini juga berkaitan dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan jika kadar fluoride dalam urin lebih tinggi selama kehamilan dan dihubungkan dengan skor rendah pada tes IQ dan kognisi. 

Lalu bagaimana sebenarnya pengaruh fluoride pada ibu hamil? studi lainnya mengungkapkan jika fluoride dengan kadar tak melebihi 5 mg/kg berat badan tidak berdampak pada gangguan kesuburan dan kinerja alat reproduksi.

Pro dan kontra penggunaan fuoride bagi ibu hamil

Penggunaan fluoride dalam dosis tinggi tidak direkomendasikan karena bisa melemahkan tulang dan otot, serta mengakibatkan permasalahan pada sistem saraf anak. Jadi, tentu semua harus digunakan sesuai dengan takaran yang dianjurkan.

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Kenali Faktor Risiko Preeklampsia yang Bisa Membahayakan Ibu dan Janin
Artikel Selanjutnya
Ibu Hamil & Menyusui Boleh Disuntik Vaksin Covid-19, Ketahui Syarat dan Jenis Vaksinnya

Live Streaming

Powered by