Sukses

Health

Perjuangan Ayah Merawat Chandra Liow yang sempat Kritis Badai Sitokin COVID-19

Fimela.com, Jakarta Seorang aktor sekaligus content creator Chandra Liow sempat terpapar COVID-19 dengan kondisi yang cukup parah pada akhir Juni 2021 lalu. Sebab, ia bukan hanya terpapar COVID-19, melainkan juga terserang badai sitokin yang hampir merenggut nyawanya. 

Pemilik nama lengkap Chandra Timothy Liow tersebut harus dirawat secara intensif di IGD rumah sakit karena sempat kritis karena badai sitokin COVID-19 yang dialaminya. Saat kondisinya memburuk, sang ayah senantiasa menemaninya di rumah sakit, bahkan tanpa menggunakan APD lengkap. 

“Dokter sama suster marah-marah, ‘Bapak, kita pakai APD masih ada korban, bapak cuma begini doang, berani banget’,” ujar ayah Chandra Liow, dikutip dari kanal YouTube Deddy Corbuzier, Sabtu (18/9). 

Sosok sang ayah sangat berjasa dalam mengurus Chandra Liow melewati masa-masa kritisnya karena badai sitokin COVID-19 dan selama ia melewati masa-masa terberatnya. 

Kisah sang ayah merawat Chandra Liow pun diungkapkan melalui video YouTube di channel pribadi Chandra Liow dan juga di podcast Deddy Corbuzier. Simak ulasan selengkapnya.

Nekat Mengambil Risiko

Ayah Chandra Liow menjelaskan, dalam kondisi apapun ia mau menemani putranya yang sedang kritis akibat COVID-19. Sebab, ia mau berada di samping anaknya dan memberikan semangat agar bisa kembali sehat. 

“Saya bilang, ‘Saya harus mengambil risiko ini, karena saya harus menjaga anak saya’,” ujar ayah Chandra Liow.

Berusaha Tegar di Depan Sang Anak

Sang ayah mengungkapkan bahwa ia tak masalah jika harus terpapar virus, bahkan jika harus meninggal karena risiko yang ia ambil. Ia rela menerima apapun risikonya, dan selalu menekankan untuk kuat asalkan Chandra selamat. 

“Saya sudah melewati kehidupan seperti ini dan sudah diberikan anak seperti ini. Ya sudah, sudah cukup untuk saya. Yang penting dia selamat karena dia harus melanjutkan kehidupan,” lanjutnya. 

Chandra yang mendengar cerita itu tak kuat menahan tangis. Hal ini dikarenakan, sang ayah tak pernah menunjukkan kekhawatiran apapun kepada Chandra. 

“Bahkan di depan Chandra, saya tidak menunjukkan apa-apa. ‘Ini Papa ada di dekat kamu. Apapun Chandra mau, papa siap jalani semua’,” ungkapnya.

Mementingkan Keselamatan Istri dan Anak

Dalam hal ini, ayah Chandra Liow sudah mempertimbangkan segala risiko hingga risiko yang terburuk. Yang terpenting buatnya adalah orang-orang yang dikasihi bisa selamat. 

“Saya sudah berpikir, yang penting saya sudah melihat anak dan istri selamat,” ucap Ayah Chandra Liow. 

Semua dilakukan ayah Chandra Liow dengan penuh persiapan. Meskipun hal terburuk bisa saja dialaminya akibat menemani pasien yang terpapar COVID-19. 

“Saya juga harus mementingkan diri saya, memakai masker double, pakai face shield, pakai topi, saya minum vitamin, saya minum terutama VCO. Pagi hingga malam saya minum VCO,” ucapnya. 

Penulis: Chrisstella Efivania

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading