Sukses

Health

3 Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Masalah Gigi Berlubang

Fimela.com, Jakarta Masalah gigi berlubang menjadi salah satu masalah gigi yang umum dialami oleh masyarakat. Kebanyakan gigi berlubang disebabkan oleh kebiasaan buruk dalam merawat gigi.

Kerusakan pada gigi berlubang merupakan penghancuran email gigi atau lapisan terluar yang keras pada gigi. Masalah ini bisa dialami oleh anak-anak, remaja, dan orang dewasa.

Plak atau lapisan bakteri yang terus menerus pada gigi akan membuat gigi lebih rapuh. Ketika kamu makan dan minum yang mengandung gula, bakteri dalam plak menghasilkan asam yang menyerang email gigi.

Lengketnya plak membuat asam ini tetap bersentuhan dengan gigi dan seiring waktu enamel dapat rusak. Di saat inilah gigi berlubang bisa terbentuk. Terbentuk dalam bentuk lubang-lubang kecil.

 

Makanan manis

Dikutip dari mounthealthy, lubang yang terbentuk pada gigi yang dikombinasikan dengan peningkatan insiden penyakit gigi dapat membuat akar gigi terekspos oleh plak. Sehingga bisa lebih rentan terhadap pembusukan dan lebih sensitif terhadap sentuhan panas dan dingin.

Makanan yang masuk ke dalam mulut menjadi penyebab utama terjadinya gigi berlubang. Seperti dikutip dari Healthline, setiap orang memiliki bakteri di mulutnya.

Setelah makan atau minum yang mengandung gula, bakteri di mulut akan mengubah gula menjadi asam. dan bisa membentuk plak pada gigi. Inilah pentingnya menyikat gigi secara teratur.

Setiap orang memiliki risiko terhadap gigi berlubang. Selain karena makanan manis atau asam, ada beberapa kebiasaan buruk yang menyebabkan gigi berlubang.

 

1. Rutinitas kebersihan mulut yang buruk

Mungkin kamu memiliki rutinitas menyikat gigi dan membersihkan mulut secara rutin. Namun apakah kebiasaan ini kamu lakukan dengan benar? Rutintias kebersihan mulut yang buruk bisa terjadi karena kamu tidak menyikat gigi dengan cara yang benar atau malah tidak membersihkan gigi setiap hari.

2. Tidak mendapatkan fluoride yang cukup

Fluoride dapat membantu menambah kekuatan gigi dan mencegah terbentuknya lubang. Fluoride ini bisa didapat dengan menggunakan pasta gigi yang tepat. Ketika kamu menggunakan pasta gigi tanpa kandungan fluoride, sudah pasti gigi kehilangan perlindungan dan terjadi pembentukan lubang.

3. Penyakit lambung

Ketika asam lambung naik, ia bisa naik hingga area mulut. Asam lambung yang bersentuhan dengan gigi akan mengikis email gigi. Membuat gigi lebih rentan terhadap lubang.

Tertarik untuk mengulas topik ini lebih lanjut? Yuk, Jangan lewatkan acara FIMELA X PEPSODENT "CERITA SOAL GIGI"bersama drg. R. Rahardyan Parnaadji, M.Kes.,Sp.Pros. - Ketua Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia & Brand Representative: Distya Tarworo Endri – Senior Brand Manager for Pepsodent dan Tasya Kamila secara Live stream 7 Oktober 2021. Daftarkan langsung diri kamu ke sini secara gratis! 

Simak video berikut ini

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading