Sukses

Health

9 Masalah Apa Penyebab Susah Tidur

Fimela.com, Jakarta Insomnia merupakan salah satu jenis gangguan tidur, Seseorang dengan masalah insomnis akan merasa sulit untuk tidur, atau keduanya.  Orang dengan gangguan susah tidur akan tidak segar saat di pagi hari, hal ini disebabkan kelelahan dan gejala lainnya.

Menurut Americam Psychiatric Association (APA) menyatakan bahwa sekitar sepertiga orang dewasa melaporkan gejala susah tidur atau insomnia. Antara 6 dari 10 persen, semua orang dewasa memiliki gejala yang cukup parah sehingga mereka dapar mendiagnosis dengan gangguan insomnia. APA juga mendefinisikan sebagai salah satu gangguan di mana orang akan sulit tidur atau tetap tidur.

Susah tidur merupakan yang mengganggu sebagian oran, karena ketika tidur akan membuat kita merasa lebih segar di pagi harinya, Susah tidur juga dapata melemahkan tingkat energy dan suasana hati, tetapi juga kesehatan, kinerja, dan kualitas hidup. Berikut adalah apa penyebab susah tidur :

1. Stress

Stress dapat membuat kamu khawatir akan sesuatu seperti pekerjaan, sekolah kesehatan, keuangan, atau keluarga. Stress ini akan membuat kamu mengaktifkan pikiran di malam hari, hingga membuat susah tidur. Sedangkan peristiwa dengan banyak tekanan atau trauma, juga dapat menjadi salah satu penyebab susah tidur.

2. Perjalanan atau jadwal kerja

Ritem sirkadian dalam tubuh kamu akan bertindak sebagai jam internal, yang memandu hal-hal seperti siklus tidur-bangun, serta metabolism dalam tubuh kamu. Mengganggu ritme sirkandian juga dapat menyebabkan susah tidur, hal ini yang akan membuat kamu jet lag karena bepergian melintasi beberapa zona waktu, bekerja di shift akhir atau awal, atau sering berganti shift juga akan membuat waktu tidur kamu kurang.

3. Kebiasaan tidur yang buruk

Memiliki kebiasaan tidur yang buruk juga menjadi salah satu penyebab susahnya tidur, tidur siang akan merangsang aktivitas sebelum tidur, serta lingkungan yang tidak nyaman dan menggunakan tempat tidur untuk bekerja, makan atau menonton TV, bermain smartphone juga dapat mengganggu siklus tidur kamu.

4. Makan terlalu banyak di Malam hari

Ternyata sebelum tidur ada baiknya jika kita mengkosongkan perut kita, hal ini dikarenakan jika kita makan terlalu banyak di malam hari akan membuat organ dalam tubuh kita bekerja untuk mencerna makanan tersebut. Makanan ringan sebelum tidur boleh saja, tetapu jika makan terlalu banyak dapat menyebabkan kamu merasa tidak nyaman secara fisik saat berbaring. Tak jarang, beberapa orang yang makan sebelum tidur akan merasa mulas, karena aliran balik asam dan makanan dari lambung ke kerongkongan setelah makan, yang membuat kamu tetap terjaga.

Nah hal diatas adalah beberapa penyebab susahnya tidur, selain itu insomnia akan tergantung dengan jenis sulit tidur yang kamu alami, Susah tidur dalam jangka pendek, atau insomnia akut yang dapat disebabkan beberapa hal seperti :

  • Mendapatkan peristiwa yang menjengkelkan atau traumatis
  • Perubahan jam tidur atau kebiasaan tidur
  • Sakit fisik
  • Pengaruh obat-obatan tertentu

Penyebab susah tidur juga dapat terjadi setidaknya selama 3 bulan seperti primer maupun sekunder, sedangkan insomnia primer tidak diketahui penyebabnya. Namun insomnia sekunder dikarenakan hal berikut ini :

  • Kondisi medis yang membuat sulit tertidur
  • Masalah psikologis seperti kecemasan atau depresi
  • Pengguna zat apnea

kemudian penyebab tambahan susah tidur menurut medis sebagai berikut :

5. Mental Health

Gangguan kecemasan seperti stress, pasca trauma akan membuat kamu susah tidur, ternyata bangun terllau pagi juga bisa menjadi salah satu tanda depresi. Susah tidru juga dapat berkaitan dengan gangguan kesehatan lainnya.

6. Obat-obatan

Banyaknya resep obat juga dapat mengganggu tidur, seperti antidepresi, obat untuk asam dan tekanan darah. Ternyata banyak obat yang dijual secara bebas, seperti obat nyeri, alergi dan obat flu serta beberapa yang mengandung kafein dan stimulan juga dapat mengganggu waktu tidur.

7. Kondisi Medis

Seperti kondisi yang terkait dengan susah tidur yaitu nyeri kronis, kanker, diabetes, penyakit jantung, asma, tiroid yang terlalu aktif, penyakit Parkinson dan penyakit Alzheimer.

8. Gangguan Tidur

Sleep apnea yaitu yang menyebabkan kamu berhenti bernapas secara berkala sepanjang malam, hal ini yang dapat mengganggu tidur kamu. Selain itu sindrom kaki gelisah juga menjadi salah satu masalah yang tidak tertahankan karena akan membuat kamu susah tidur.

9. Kafein, Nikotin, dan Alkohol

Pasti kita sering mendengar bahwa kafein salah satu hal yang mmebuat kita susah tidur, karena minuman kopo, teh, cola dan minuman berkafein lainnya merupakan stimulant. Artinya jika kamu meminumnya di sore hari, tidak akan membuat kamu tertidur di malam hari. Sedangkan Nikotin dan produk tembakau lainnya juga dapat menyebabkan susah tidur. Alkohol dapat membuat kamu tertidur namun saat di malah hari kamu akah terbangun.

Nah beberapa hal di atas adalah penyebab susah tidur, jika di malam hari kamu mengalami susah tidur bisa jadi beberapa penyebab diatas menjadi salah satu masalahnya. Namun menurut medis penyebab tidur juga bisa karena masalah kesehatan menta, penyakit maupun minum beralkohol. Lebih baik jika kamu selalu menjaga waktu tidur, agar memiliki waktu istirahat yang cukup.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading