Sukses

Health

Ibu Hamil dan Menyusui Kini Bisa Vaksinasi Covid-19 Tanpa Surat Rujukan Dokter

Fimela.com, Jakarta Jika sebelumnya ibu hamil dan menyusui dianjurkan untuk membawa surat rujukan dari dokter untuk melakukan vaksinasi covid-19, kini syarat tersebut tak perlu lagi dilakukan.

Kepala Obstetri dan Ginekologi RSIA Bunda Jakarta, dr. Nana Agustina, SpOG menerangkan saat ini sudah diberikan edaran pada semua fasilitas kesehatan dan vaksinator bahwa ibu hamil dan menyusui tak perlu meminta surat rujukan pada dokter.

“Sehingga para ibu hamil dan menyusui bisa langsung otomatis melakukan vaksinasi Covid-19 di tempat yang tersedia,” kata dr. Nana dalam konfrensi pers, (14/10/2021).

Sementara untuk jenis vaksin, dr. Nana mengungkapkan ada 3 jenis yang boleh diberikan pada ibu hamil yakni Sinovac, Moderna, dan Pfizer. “Vaksin yang dianjurkan diberikan pada ibu hamil dan menyusui ada tiga, Sinovac, Moderna, dan Pfizer. Masing-masing vaksin diberikan dua kali dosis,” kata dr. Nana.

Syarat penting sebelum divaksin

Namun, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi ibu hamil dan menyusui sebelum melakukan vaksinasi Covid-9. Adapun syarat utama bagi ibu hamil dan menyusui yang ingin melakukan vaksinasi Covid-19 adalah dalam kondisi yang sehat.

"Pada ibu hamil dan menyusui (syarat vaksinasi) itu bila kondisinya sehat dan baik. Antara lain tensinya normal, tidak tinggi. Tidak ada kondisi kelainan imun, kemudian juga tidak ada infeksi berat. Ibu hamil kadang-kadang suka dalam kondisi tidak baik, tidak sehat. Misalnya dengan ginjal, kanker, itu enggak boleh,"

"Kalau punya diabetes tapi sudah terkontrol, itu boleh. Tapi kalau belum terkontrol, sebaiknya tidak. Jadi pada kasus-kasus ibu hamil yang benar-benar sehat dan semuanya baik itu kita boleh lakukan penyuntikan vaksin Covid-19 ini," kata Nana.

Tak hanya itu, vaksinasi COVID-19 pada ibu hamil juga baru boleh diberikan apabila usia kandungan sudah mencapai 13 minggu. Periode vaksinasi yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan bagi ibu hamil ialah pada usia kandungan 13 hingga 33 minggu. 

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Kemenkes Ungkap Varian Omicron Hasil Kombinasi Mutasi Delta, Alpha, Beta, Gamma
Artikel Selanjutnya
IDAI Ungkap Pentingnya Imunisasi Dasar Anak Sebelum Mendapatkan Vaksin Covid-19