Sukses

Health

6 Penyebab Kanker Serviks, Hati-Hati Saat Berhubungan Seksual

Fimela.com, Jakarta Kanker merupakan salah satu penyakit yang biasanya terdapat di sel-sel dalam tubuh yang tumbuh diluar kendali. Ketika kanker yang terdapat pada di leher rahim disebut sebagai kanker serviks. Leher rahim inilah yang akan menghubungkan vagina (jalan lahir) ke bagian atas rahim, Rahim merupakan tempat bayi tumbuh ketika seorang perempuan akan atau sedang hamil.

Kanker serviks merupakan jenis kanker yang dimulai di leher rahim, Serviks sendiri adalah silinder berongga yang menghubungkan bagian bawah rahim perempuan ke vaginanya. Sebagian besar kanker serviks dimulai pada sel yang terdapat dipermukaan serviks.

Semua perempuan berisiko terkena kanker serviks, hal ini biasanya terjadi pada perempuan di atas 30 tahun. Sedangkan di Amerika perempuan yang meninggal dapat disebabkan oleh kanker serviks. Nah untuk itu kita perlu mencari tahu apa penyebab kanker serviks yang biasanya terjadi pada perempuan :

1. Banyak Pasangan untuk Berhubungan Seksual

Semakin banyak jumlah pasangan untuk melakukan hubungan seksual maka semakin besar bagi kamu atau pasangan kamu tertular HPV. HPV merupakan Human Papillomavirus hal ini merupakan salah satu penyebab utama terjadinya kanker serviks.

HPV adalah virus umum yang biasanya ditularkan dari satu orang ke orang lain saat berhubungan seks, biasanya seseorang yang aktif dengan secara seksual akan memiliki HPV di beberapa titik dalam hidup mereka, akan tetapi beberapa perempuan juga akan mengalami kanker serviks.

2. Melakukan Hubungan Seksual sejak dini

Biasanya seseorang yang sudah melakukan hubungan sesksual kurang dari 18 tahun akan meningkatkan risiko HPV.

3. Infeksi Menular Seksual

Seseorang yang memiliki infeksi menular seksusal seperti klamidia, gonore, sifilis, dan HIV/AIDS juga dapat menyebabkan risiko terjadinya HPV.

4. Sistem Kekebalan Tubuh yang Melemah

Kemungkinan ketika kondisi tubuh serta kekebalan tubuh kamu melemah dan kamu memiliki HPV, maka hal tersebut akan membuat kamu terkena kanker serviks.

5. Merokok

Selain faktor internal lainnya ternyata merokok juga dikaitkan dengan kanker serviks sel skuamosa.

6. Obat Pencegah Keguguran

Jika kamu mengetahui salah satu teman atau kerabat yang mengonsumsi obat dietilstilbestrol (DES) saat hamil maka kemungkinan anaknya akan memiliki peningkatan risiko jenis kanker serviks yang biasa disebut Adenokarsinoma sel jernih.

Diatas adalah penjelasan mengenai kanker serviks, selanjutnya kita akan membahasa mengenai apa saja pengobatan kanker serviks. Kanker serviks sangat bisa diobati jika kamu mengetahuinya sejak dini, berikut 4 perawatan kanker serviks :

  • Operasi : Tujuan dari operasi tentunya untuk mengangkat kanker sebanyak mungkin, namun untuk kanker yang lebih luas biasanya akan dilakukan pembedahan yang melibatkan pengangkatan serviks dan organ lain di panggul.
  • Terapi Radiasi : Radiasi mungkin akan membunuh sel kanker dengan menggunakan sinar X-ray yang berenergi tinggi.
  • Kemoterapi : Kemoterapi yang menggunakan obat-obatan akan membantu membunuh sel kanker di seluruh tubuh, kamu juga dapat melakukan kemoterapi untuk jangka waktu tertentu.
  • Terapi Target : Bevacizumah (Avastin) merupakan salah satu obat baru yang bekerja dengan cara yang berbeda dari kemoterapi dan radiasi. Dengan melakukan hal ini tentunya akan menghambat pertumbuhan pembuluh darah baru yang membantu pertumbuhan kanker, biasanya obat ini diberikan saat kemoterapi.

Nah itulah beberapa penyebab dari kanker serviks yang harus kamu tahu, ingat semua penyakit ada pengobatannya. Namun lebih baik jika kita menghindarinya dengan menatur gaya hidup serta pola makan yang baik dan sehat. Selalu jaga kesehatan.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Rekomendasi Buku Tentang Startup, Cocok untuk Pemula Bisnis
Artikel Selanjutnya
9 Arti Mimpi di Kejar Buaya yang Bikin Merinding