Sukses

Health

5 Tanda Kamu Mengalami Kelelahan Mental

Fimela.com, Jakarta Apakah kamu pernah mendengar istilah burnout, atau kelelahan mental? Ini adalah kondisi saat kita merasa kelelahan dengan kegiatan sehari-hari yang biasa kita kerjakan, berbeda halnya dengan rasa malas. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh kehidupan yang kurang stabil atau ada hal yang salah pada hidup kita.

Berikut ini lima tanda kamu kelelahan mental yang tak boleh disepelekan.

1. Tidak bersemangat

Kelelahan mental akan membuat kita menjadi sulit untuk bersemangat dengan apa yang sedang atau akan kita lakukan. Hal ini biasanya timbul karena ada perasaan dimana kamu sudah merasa bekerja sangat keras tapi hasilnya malah biasa saja.

2. Mudah tersinggung

Tanda lainnya jika kamu mengalami kelalahan mental adalah mudah tersinggung dan sering uring-uringan. Bahkan untuk hal-hal kecil yang masih wajar. Sikap mudah tersinggung ini juga membuat kamu melampiaskan rasa marah pada siapa saja.

3. Tidak bisa konsentrasi

Terlalu banyak tekanan dan beban pikiran dapat membuat kamu kesulitan untuk berkonsentrasi. Kamu kesulitan konsentrasi karena terlalu banyak hal yang dipikirkan. Inilah yang membuatmu sulit konsentrasi saat mengalami kelelahan mental.

4. Tidur tidak nyenyak

Meski sudah berusaha memejamkan mata dan tidur di tempat tidur paling nyaman, saat mengalami kelelahan mental, kita jarang bisa memejamkan mata untuk tidur. Kalau pun berhasil tidur, waktu tidurnya hanya sebentar saja.

5. Mudah panik

Tanda selanjutnya dari risiko kelelahan hebat adalah seseorang mudah panik dan cemas. Kekhawatiran yang berlebihan bahkan bisa membuatmu mudahb stres dan depresi. Ini juga yang membuatmu jadi sering menangis dan ketakutan tanpa sebab.

Itulah beberapa hal yang menandakan bahwa kamu sedang mengalami kelelahan mental. Jika merasakannya, mungkin kamu bisa melakukan penanganan medis, tetapi perhatikan juga makanan yang kamu konsumsi, rutin berolahraga dan tetap terhubung dengan orang di sekitarmu, karena itu juga bisa memengaruhi kesehatan mental kita.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading