Sukses

Health

Jarang Disadari, Ada 5 Manfaat Sehat yang Bisa Diperoleh dari Liburan

Fimela.com, Jakarta Hari di mana bisa berlibur menjadi hari yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Terutama berlibur ke tempat yang jauh sehingga pikiran bisa kembali jernih dan segar. Pekerjaan dan kegiatan lainnya membuat seseorang merasa jenuh, tertekan, cemas bahkan stres. Maka dari itu, pergi liburan ke mana pun bisa jadi salah satu cara agar kembali menyegarkan pikiran.

Cara orang menentukan destinasi liburan tentu berbeda-beda. Sebagian orang sangat senang jika bisa berlibur ke alam seperti gunung dan laut. Namun, ada pun orang yang senang berlibur cukup dengan berkeliling kota dan ke museum bersejarah untuk mencari kesenangan dan pengetahuan.

Jangan salah, walau tak banyak disadari, berlibur bisa memberikan sederet manfaat kesehatan. Berikut 5 manfaat liburan bagi kesehatan yang Fimela rangkum dari merdeka.com, Senin (18/10/2021).

 

1. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Berlibur tentu dapat memberikan kesenangan tersendiri. Maka, di sisi lain berlibur pun dapat mengurangi stres dan kecemasan. Bahkan berlibur bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi Depresi. Pasalnya, penelitian di International Journal of Environmental Research and Public Health mengungkap fakta di mana ketika usai berlibur selama 3 hari, seseorang akan merasa cukup istirahat dan kecemasan yang dialami bisa berkurang.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Siapa sangka, berlibur ternyata bisa menurunkan risiko kesehatan jantung, terutama jika berlibur ke tempat yang baru dan belum pernah didatangi sebelumnya. Penelitian dari Framingham Heart mengungkap seseorang yang senang berlibur setiap tahunnya memiliki risiko yang lebih rendah dalam mengalami masalah jantung. Hal ini disebabkan berlibur dapat menurunkan kadar stres dan kecemasan yang menunjang serta melindungi jantung.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Otak

Berlibur dapat mempertajam pikiran, lho. Hal ini terjadi karena ketika berlibur, maka seseorang akan memberi kesempatan untuk bertemu orang baru dengan latar belakang budaya serta sosial yang berbeda. Berdasarkan Journal of Personality and Social Psychology, berlibur memiliki kaitan dengan stabilitas emosi dan keterbukaan.

4. Meningkatkan Kebugaran

Biasanya, sebagian orang yang berlibur membuat seseorang berjalan dalam jarak jauh. Jika hal ini terjadi, maka bisa meningkatkan kebugaran tubuh. Saat mendatangi tempat yang baru, otomatis tubuh akan menjadi lebih aktif. Dengan berlibur juga akan membuat kamu mencoba hal baru sehingga otot bekerja dua kali lebih keras.

5. Kekebalan Tubuh Meningkat

Penelitian yang dilakukan oleh University of Nottingham, Inggris mengungkap kotoran bisa membantu tumbuh membangun antibody melawan kuman dan infeksi. Dengan demikian, berlibur bisa menjadi suatu kegiatan dan aktivitas yang membuat seseorang terpapar oleh bakteri baru. Sistem imun tubuh menjadi lebih kuat ketika tubuh mulai mengadaptasi bakteri baru tersebut.

Dari sejumlah manfaat sehat diatas, Sahabat Fimela manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya ya untuk berlibur! 

Ditulis: Atika Riyanda Roosni

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Menghilangkan Cracked Lips dengan 3 Tips Ini
Artikel Selanjutnya
7 Penyebab Batuk Kering Tak Kunjung Sembuh dapat Menjadi Masalah yang Serius