Sukses

Health

5 Manfaat Melamun yang Jarang Diketahui

Fimela.com, Jakarta Walaupun dianggap sebagai hal yang sia-sia dan membawa dampak buruk pada kinerja seseorang, melamun ternyata memiliki banyak manfaat. Baik bagi kesehatan mental, kesehatan fisik bahkan hubungan sosial. Asal tak berlebihan, mungkin kita perlu sesekali melamun untuk meringankan beban pikiran kita sehingga lebih tenang.

Berikut ini lima manfaat melamun yang dilansir dari Verywell Mind, Selasa (19/10/2021)

1. Otak jadi rileks

Sama seperti otot yang bisa lelah saat digunakan terus menerus, otak juga mengalami kelelahan. Melamun adalah salah satu cara untuk mengistirahatkan otak. Saat pikiran bisa bebas, otak akan menjadi lebih segar dan akan merasa lebih tenang atau rileks.

2. Membantu menemukan solusi

Terkadang saat kita terlalu fokus memikirkan sesuatu, otak malah jadi macet dan tidak dapat bekerja dengan baik. Namun, saat kita berpikir lebih santai atau malah tidak terlalu memikirkan suatu masalah, malah kita memikirkan jalan keluar dengan sendirinya. Ini karena otak akan bekerja dengan baik saat rileks.

3. Meningkatkan kreativitas

Melamun dapat memunculkan imajinasi-imajinasi di dalam pikiran. Sehingga hal ini akan memicu ide serta gagasan yang kreatif. Maka tak heran bila banyak seniman yang mendapatkan ide justru saat sedang melamun.

4. Meningkatkan empati

Merenung juga adalah aktivitas melamun yang dapat meningkatkan kepdulian kita pada orang di sekitar kita dan lingkungan. Sering memikirkan hal-hal di sekitar kita bisa menumbuhkan rasa empati karena kita seolah-olah kita juga ikut merasakan apa yang terjadi di sekitar kita.

5. Turunkan tekanan darah

Melansir dari Merdeka.com, melamun dianggap sebagai hipnosis yang bisa menurunkan tekanan darah dan mencegah stres. Hal ini dikarenakan melamun dapat membuat orang membayangkan hal-hal yang menyenangkan dan memiliki ambisi untuk mewujudkannya. Tentunya, ini dapat menurunkan stres.

Walaupun melamun memiliki banyak manfaat, bukan berarti kita harus menghabiskan waktu berlama-lama untuk melamun. Melamun boleh saja, tapi jangan sampai berlebihan hingga kamu lupa untuk melakukan aksi nyata.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading