Sukses

Health

5 Manfaat Tersenyum Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Fimela.com, Jakarta Tersenyum adalah hal yang sederhana, tapi siapa sangka kalau tersenyum bisa membawa banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Bahkan, saat suasana hati kita sedang buruk kemudian kita mencoba untuk tersenyum, maka dengan sendirinya tubuh juga akan merasa lebih baik.

Berikut ini beberapa manfaat tersenyum bagi kesehatan fisik dan mental.

1. Menurunkan tekanan darah

Sebuah penelitian yang dilansir dari laman United Concordia menunjukkan bahwa tersenyum dapat membuat otot relaksasi, menurunkan denyut jantung dan tekanan darah serta membantu mengurangi risiko terkena serangan jantung.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Tersenyum juga memiliki manfaat bagi sistem imun tubuh. Karena saat kita tersenyum, tertawa dan berpikir positif bisa melepaskan molekul persinyalan di otak untuk melawan stres dan penyakit. Jadi, tersenyum adalah obat terbaik bagi tubuh.

3. Menghilangkan rasa sakit

Manfaat tersenyum lainnta adalah sebagai penghilang rasa sakit. Faktanya, tersenyum meningkatkan ambang rasa sakit dan menciptakan toleransi rasa sakit yang lebih tinggi.

4. Meredakan stres

Suasana hati yang buruk juga bisa diobati dengan tersenyum. Selain itu, tersenyum bisa mencegah seseorang tampak lelah dan letih. Jika sedang stres, ambillah waktu untuk tersenyum, karena bisa mengurangi stres sehingga lebih mampu mengambil tindakan.

5. Senyum bisa membuat bahagia

Studi telah menunjukkan senyum bisa melepaskan endorfin, senyawa yang bisa mengurangi rasa sakit secara alami dan serotonin. Ketiganya adalah hormon yang bisa membuat suasana hati kita bahagia.

Itulah sekian manfaat tersenyun untuk kesehatan fisik dan mental kita. Jangan lupa tersenyum, ya, Sahabat Fimela!

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading