Sukses

Health

5 Manfaat Curhat untuk Kesehatan Mental

Fimela.com, Jakarta Meskipun curhat mungkin tampak sepele, tapi ternyata itu penting untuk kesehatan fisik dan mental. Baik itu membicarakan masalah pribadi atau sesuatu yang umum, komunikasi adalah kondisi yang dapat menciptakan kesehatan mental. Buktinya, setelah bercerita kita pasti akan merasa lega dan beban pikiran berkurang.

Berikut ini lima manfaat curhat untuk kesehatan fisik dan mental

1. Melepaskan stres

Saat kamu menghadapi masalah, berbicara adalah cara menghilangkan beban pikiran dan melepaskan stres. Hubungan yang baik juga menumbuhkan kesejahteraan emosional dan memicu pelepasan hormon penurun stres.

2. Memperkuat hubungan

Bercerita kepada orang-orang di sekitar kita akan membantu kita untuk lebih mengenal mereka dengan baik. Terlebih tentang hal-hal yang bersifat emosional dan hubungan yang baik dengan orang lain secara otomatis akan membuat hidup kita bahagia.

3. Mendapatkan perspektif yang berbeda

Saat berada dalam masalah, mungkin sulit untuk melihatnya dari sudut pandang yang berbeda. Dan berbicara dengan orang lain memungkinkan kita untuk mendapapatkan pandangan yang berbeda yang mungkin memudahkanmu untuk menemukan jalan keluar.

4. Mendapatkan dukungan

Saat kamu berbagi dengan orang lain, selain menenangkan pikiran kamu juga pasti akan mendapatkan dukungan dari orang sekitarmu. Tapi, jangan sembarang berbagi karena tidak semua orang bisa kamu percaya. Carilah orang terdekatmu yang bisa mengertimu sepenuhnya.

5. Membangun mekanisme bertahan yang baik dari stres

Mekanisme masing-masing orang dalam menghadapi masalah dapat berbeda-beda. Ada yang melarikan diri ke makanan, menangis seharian, atau pergi ke tempat yang sepi. Curhat dapat menjadi salah satu mekanisme penyesuaian diri yang sehat dalam menghadapi masalah. Juga dapat membantumu membentuk ketahanan terhadap stres yang lebih baik.

Itulah beberapa manfaat dari curhat untuk kesehatan fisik dan mental. Semoga bermanfaat!

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading