Sukses

Health

Sejarah Hari AIDS Sedunia 1 Desember dan Tema Peringatan Tahun 2021

Fimela.com, Jakarta Hari AIDS Sedunia diperingati setiap tanggal 1 Desember. Tahun ini, Hari AIDS Sedunia jatuh pada Rabu, 1 Desember 2021.

AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) merupakan suatu kumpulan gejala dan infeksi sindrom yang muncul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia. Sistem kekebalan tubuh ini melemah lantaran infeksi HIV (Human Immunodeficiency Virus).

AIDS termasuk dalam golongan penyakit mematikan. Hingga saat ini, belum ditemukan hasil uji klinis resmi dari otoritas berwenang mengenai obat atau vaksin yang dapat menyembuhkan AIDS.

Peringatan Hari AIDS Sedunia sendiri dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat soal virus HIV/AIDS. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, sekitar 37,7 juta orang di dunia hidup dengan HIV/AIDS hingga tahun 2020.

Lantas, apa sejarah Hari AIDS Sedunia 1 Desember dan tema peringatan tahun ini? dirangkum dari berbagai sumber berikut selengkapnya.

Sejarah Hari AIDS Sedunia

Dilansir NPR, peringatan Hari AIDS Sedunia pertama kali dicetuskan oleh James W. Bunn dan Thomas Netter pada Agustus 1987. Keduanya merupakan seorang petugas informasi publik dari Program Global AIDS WHO di Genewa, Swiss.

Ide keduanya kemudian disampaikan kepada Dr. Jonathan Mann, Direktur Program Global AIDS untuk menetapkan Hari AIDS Sedunia. Dr. Jonathan kemudian menyetujuinya dan merekomendasikan bahwa peringatan ini dapat dilakukan pada 1 Desember 1988.

1 Desember 1988 ditetapkan sebagai Hari AIDS Sedunia dikarenakan sudah cukup memiliki waktu berselang sejak pemilu di Amerika Serikat, sehingga media dapat beralih fokus pada peringatan ini. Alasan lainnya adalah karena bertepatan sebelum hari libur Natal dan Tahun Baru.

Sejak saat itulah, setiap 1 Desember diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia untuk mengedukasi dan mengkampanyekan bahaya HIV/AIDS yang menyerang manusia.

Tema Hari AIDS Sedunia 2021

WHO dalam keterangan resminya mengungkapkan tema Hari AIDS Sedunia 2021 adalah “Akhiri Ketimpangan. Akhiri AIDS” yang bertujuan untuk menjangkau orang-orang yang masih kurang kesadaran diri terhadap bahayanya penyakit ini.

WHO menyerukan kepada para pemimpin dunia dan orang di seluruh dunia untuk Bersatu dalam menghadapi ketidaksetaraan layanan penanganan HIV/AIDS.

 

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading