Sukses

Health

5 Tips Turun Berat Badan Saat Didiagnosis PCOS

 

 

Fimela.com, Jakarta PCOS atau Polycystic ovarian syndrome adalah kondisi yang menyebabkan suklus menstruasi tidak teratur. Kondisi ini menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur karena kurangnya ovulasi bulanan dan peningkatan kadar androgen. 

Mayoritas perempuan dengan PCOS memiliki kelebihan berat badan. Dan mereka memiliki risiko lebih tinggi dari rata-rata untuk terkena diabetes.

 

Sindrom ini harus dikelola dengan hati-hati karena mereka kira-kira tiga kali lebih mungkin didiagnosis memiliki kecemasan dan depresi daripada orang tanpa PCOS.

Berikut 5 tips menurunkan berat badan saat didiagnosis PCOS melansir dari ndtv;

 

 

1. Makanan kaya serat

Termasuk biji-bijian, kacang-kacangan dan lentil, buah-buahan dan sayuran. Karena serat membantu merasa kenyang lebih cepat, diet tinggi serat dapat membantu wanita dengan PCOS menurunkan berat badan. Diet tinggi serat juga dikenal untuk membantu menurunkan resistensi insulin, berat badan, dan lemak tubuh ekstra pada orang dengan PCOS.

 

 

2. Konsumsi Protein Tanpa Lemak

Protein Membantu menstabilkan gula darah dan meningkatkan rasa kenyang setelah makan. Ini juga membantu penurunan berat badan dengan menurunkan keinginan, meningkatkan pembakaran kalori, dan mengendalikan hormon rasa lapar. 

Peningkatan konsumsi protein membantu penurunan berat badan, terutama pada wanita PCOS. Disarankan bahwa makanan bergizi tinggi protein seperti telur, almon, dan makanan laut dimasukkan dalam diet.

 

 

3. Makanan kaya antioksidan

Makanan kaya antioksidan membantu mengurangi peradangan dan mengelola kadar insulin. Buah dan sayuran segar, kacang-kacangan, dan biji-bijian kaya akan antioksidan.

 

 

4. Hindari Karbohidrat Refined dan lemak jenuh

Karbohidrat olahan seperti gula, makanan olahan, paket makanan, makanan cepat saji, jus buah, gandum olahan dari semua jenis, soda, minuman soda, dan es krim harus dihindari. Yang paling penting adalah memiliki protein yang tepat:

 

 

5. Mengurangi konsumsi susu

Membatasi konsumsi susu membantu beberapa wanita dengan PCOS menurunkan berat badan dan meringankan beberapa gejala PCOS hormonal mereka. Juga, bagi banyak wanita, mengurangi konsumsi susu meningkatkan kesehatan usus dan memfasilitasi penyerapan nutrisi.

#ElevateWomen 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading