Sukses

Health

Mengenal Flurona, Infeksi Ganda Flu dan Corona yang Terdeteksi di Israel

Fimela.com, Jakarta Di tengah maraknya varian Omicron, kini muncul Florona atau Flurona pertama di Israel. Flurona merupakan istilah baru bagi seseorang yang terinfeksi influenza atau flu dan Covid-19 secara bersamaan.

Flurona terjadi ketika kedua virus menyerang tubuh dalam waktu yang bersamaan. Saat dilakukan pemeriksaan, pasien terdeteksi postif terinfeksi virus flu dan juga Covid-19.

“Kedua tes menunjukkan hasil positif, bahkan setelah kami cek berkali-kali,” ujar direktur departemen ginekologi Rumah Sakit Beilinson, Arnon Vizhnitser, dikutip Hamodia.

 

Temuan Kasus Flurona Pertama di Israel

Temuan kasus Flurona pertama di Israel terjadi pada seorang ibu hamil yang telah dirawat di rumah sakit sampai melahirkan bayinya. Dirinya belum divaksinasi dan datang dengan gejala ringan yang menyerupai Covid-19. Namun penyakit ini menyebabkan sejumlah gejala yang berhubungan dengan pernapasan saluran atas.

“Penyakitnya adalah penyakit yang sama, virus dan menyebabkan kesulitan bernapas karena sama-sama menyerang saluran pernapasan bagian atas,” kata Arnon Vizhnitzer.

Sebelumnya, Ketua Satgas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Zubairi Djoerban mengatakan bahwa yang perlu diketahui dari flurona adalah ini bukan varian baru tapi infeksi ganda Covid-19 dan influenza.

“Yang perlu diketahui dari Florona: bukan varian baru, infeksi ganda Covid-19 dan Influenza, kasus pertama adalah perempuan hamil di Israel, Yedioth Ahronoth mengatakan perempuan itu tidak divaksinasi, terindikasi merusak sistem kekebalan, sedang dipelajari lebih lanjut,” ujar Zubairi dalam cuitan Twitternya, Minggu (2/1/2022).

Kini, ibu hamil tersebut sudah dipulangkan dari rumah sakit. Meski demikian, saat ini Kementerian Kesehatan Israel masih mempelajari kasus Florona atau Flurona itu. Mereka masih melihat apakah ini bisa menyebabkan penyakit yang parah atau tidak.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading