Sukses

Health

Orang dengan Lactose Intolerance Masih Bisa Minum Susu Sapi, Caranya?

Fimela.com, Jakarta Rata-rata jumlah konsumsi susu orang Indonesia masih terbilang rendah. Menurut data yang dikumpulkan Badan Pusat Statistik 2020 menyebut konsumsi susu di Indonesia hanya 16,27 kg/kapita/tahun.

Hal ini dipengaruhi oleh rendahnya populasi sapi perah di Indonesia, rendahnya daya beli masyarakat akan susu sapi, serta banyaknya orang-orang di Indonesia yang lahir dengan kondisi lactose intolerance. Ahli gizi dr. Arif Sabta Aji menyebut mereka yang memiliki lactose intolerance tidak akan pernah bisa mengonsumsi susu sapi yang mengandung laktosa. Ia akan mengalami rasa kembung, sakit perut, hingga diare.

"Kalau lactose intolerance, dari lahir tidak punya enzim laktose untuk mencerna susu. Tidak bisa diubah. Tandanya, sakit perut hingga diare," kata dr. Arif Sabta Aji dalam webinar bersama MilkLife pada Kamis (13/1/2022).

Enzim laktase ini sendiri sebenarnya diproduksi oleh tubuh untuk memecah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa. Sayangnya, tidak semua orang di Indonesia mampu memproduksi enzim laktase dalam tubuhnya.

 

Susu bebas laktosa

Sementara, seseorang disarankan untuk mengonsumsi susu minimal dua gelas sehari atau sekitar 400ml. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, MilkLife menghadirkan susu bebas laktosa sehingga semua masyarakat Indonesia bisa mengonsumsi susu tanpa perlu merasa khawatir.

Susu bebas laktosa dari MilkLife ini diperah dari peternakan sendiri dengan konsep From Farm to Table. Artinya mulai dari produksi susu hingga bisa sampai ke tangan konsumen melalui proses ketat. Diperah dari sapi jenis Friesian Holstein yang diberi makan berkualitas untuk menghasilkan susu terbaik.

Tidak hanya berfokus kepada produksi susu, PT. Global Dairi Alami juga peduli dan taat terhadap kesejahteraan lingkungan, melalui pengimplementasian sistem teknologi biogas, yang mampu mengolah kotoran sapi menjadi energi untuk pabrik sapi yang digunakan sebagai pemanas susu. 

Pengolahan Enzimatis

Setelah diperah, susu diproses dengan pasteurisasi dan pengolahan enzimatis. Dalam pengolahan enzimatis, susu sapi diberi enzim laktase untuk memecah laktosa yang ada di dalam susu sapi sebelum akhirnya dikonsumsi masyarakat.

MilkLife kini menghadirkan dua varian rasa untuk susu bebas laktosa. Yakni original dan Mocha sebagai rasa terbaru. Rasa Mocha dipilih karena memadukan rasa kopi dan cokelat yang kini banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Harapannya, masyarakat dapat menikmati susu dengan rasa yang enak dan nyaman untuk sistem pencernaan

Simak video berikut ini

#womenforwomen

What's On Fimela
Loading