Sukses

Health

Begini Sejarah 25 Januari Ditetapkan Sebagai Hari Gizi Nasional

Fimela.com, Jakarta Tahukah Sahabat Fimela bahwa tepat hari ini, tanggal 25 Januari, diperingati sebagai Hari Gizi Nasional? Meski bukan tanggal merah namun tanggal 25 Januari memiliki sejarah tersendiri mengenai gizi dan kesehatan.

Dilansir dari Merdeka.com, Hari Gizi Nasional ditetapkan pada tanggal 25 Januari sangat berkaitan dengan Prof. Poorwo Soedarmono. Siapakah beliau?

Sosok yang kerap disebut sebagai Bapak Gizi Indonesia ini diangkat oleh Menteri Kesehatan, almarhum dokter J Leimena, di awal kemerdekaan tahun 1950 untuk mengepalai Lembaga Makanan Rakyat (LMR) yang waktu itu lebih dikenal sebagai Institut voor Volksvoeding (IVV) yang merupakan bagian dari Lembaga Penelitian Kesehatan yang dikenal sebagan Lembaga Eijckman.

Hari Gizi Nasional sudah ditetapkan sejak tahun 1951

Tugas utama LMR pada adalah melanjutkan penelitian tentang pola makan dan penyakit yang berhubungan dengan makanan dan pendidikan gizi kepada masyarakat yang waktu itu masih sangat sederhana, banyak yang buta aksara dan miskin. Maka dari itu, prioritas utama yang dilakukan oleh Poorwo Soedarmo adalah mendidik kader gizi yang dapat langsung berhubungan dengan masyarakat desa dan rumah sakit. Pentingnya gizi dalam kehidupan bangsa Indonesia sudah dirintis oleh almarhum Prof. Poorwo Soedarmono sejak saat itu.

Hari Gizi Nasional diselenggarakan untuk memperingati pengkaderan tenaga gizi Indonesia pada tanggal 25 Januari 1951. Sejak saat itu, pendidikan tenaga gizi terus berkembang pesat di banyak perguruan tinggi di Indonesia. Oleh karena itu setiap tahunnya masyarakat Indonesia memperingati 25 Januari sebagai Hari Gizi Nasional.

Peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) yang dilakukan setiap tahunnya sendiri, bertujuan untuk mengingatkan seluruh masyarakat Indonesia betapa pentingnya mencukupi kebutuhan gizi untuk menunjang pertumbuhan tubuh dan kesehatan kita sebagai manusia, bukan hanya pada anak-anak namun juga dewasa dan lansia.

Jadi, di tanggal memperingari Hari Gizi Nasional Ini, pastikan Sahabat Fimela dan keluarga telah mencukupi gizi yang baik ya!

#Women for Women

What's On Fimela
Loading