Sukses

Health

5 Tips Ini Buktikan Masak Makanan Sehat itu Murah

Fimela.com, Jakarta Makin ke sini makin banyak masyarakat Indonesia yang sadar akan gaya hidup sehat. Selain rutin olahraga, gaya hidup sehat juga diterapkan dengan konsumsi makanan sehat.

Sayangnya, mindset makanan sehat bagi masyarakat Indonesia masih identik dengan makanan yang mahal. Padahal banyak makanan khas Indonesia yang masuk dalam kategori makanan sehat. Seperti misalnya gado-gado, urap, pepes, dan masih banyak lagi.

Di Hari Gizi dan Makanan Nasional, Tokopedia pun mendorong masyarakat untuk mulai mengonsumsi makanan sehat dengan menghadirkan fitur Tokopedia Now. Melalui fitur ini, memungkinkan kamu untuk mendapatkan bahan makanan yang segar dan sehat dalam waktu maksimal dua jam pengiriman.

Bersama Tokopedia, Fimela pun belajar memasak makanan sehat bersama Chef Norman Ismail. Menurut Chef Norman, makanan sehat tidak harus mahal, melainkan juga bisa dibuat dengan harga yang terjangkau.

Bagi kamu yang akan memulai memasak makanan sehat, berikut beberapa tips dari chef Norman.

 

1. Berani mencoba

Mengubah gaya hidup dengan memasak menu sehat memang membutuhkan niat dan komitmen. Bisa diawali dengan membuat masakan yang mudah seperti gado-gado, ikan panggang, pepes tahu atau ayam dan lain sebagainya.

 

2. Protein rendah lemak

Selain menyehatkan, lean protein atau protein rendah lemak dapat mengatur berat badan. Protein sendiri berfungsi meningkatkan metabolisme hingga mengurangi nafsu makan. Seperti misalnnya, makanan protein rendah lemak adalah ikan, daging ayam tanpa kulit, putih telur, daging tanpa gajih dan kacang-kacangan.

 

3. Kombinasikan serat

Dalam satu piring, usahakan memasukkan lebih banyak makanan berserat, termasuk sayuran. Salad mangga udang bisa menjadi salah satu contoh hidangan sehat bercita rasa asam, manis dan gurih yang bisa dicoba.

 

4. Jangan musuhi karbohidrat

Kebutuhan kalori per hari setiap orang berbeda-beda, tergantung pada berbagai faktor seperti jenis kelamin dan usia. Namun karbohidrat bukan musuh kita, maka konsumsilah sesuai kebutuhan kalori dan tidak berlebih.

 

5. Jaga kebersihan dan perhatikan pengolahan makanan

Tidak hanya tangan, mencuci buah dan sayuran dengan air mengalir sangat penting agar kotoran yang menempel bisa hilang. Jangan lupa cuci semua peralatan masakan, contohnya talenan, sebelum dan setelah memasak.

Selain itu, saat mengolah daging, Chef Norman menyarankan untuk menggunakan suhu yang sesuai agar dapat membunuh bakteri secara efektif, terutama pada daging, dan nutrisi lebih mudah diserap di usus kecil.

Simak video berikut ini

#womenforwomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
7 Faktor yang Menyebabkan Pembuatan Tempe Gagal
Artikel Selanjutnya
5 Resep Hidangan Lezat yang Menyehatkan Setelah Lebaran