Sukses

Health

AstraZeneca Dosis Penuh Jadi Tambahan Kombinasi Vaksin COVID-19 Booster Terbaru

Fimela.com, Jakarta Kemenkes (Kementerian Kesehatan) RI baru saja menambahkan kombinasi vaksin COVID-19 booster terbaru, yaitu AstraZeneca dosis penuh. Namun, penggunaan vaksin booster ini hanya ditujukan untuk penerima vaksin primer (dosis 1 dan 2) yang juga AstraZeneca saja.

Hal ini dituangkan lewat surat bernomor SR.02.06/II/408/2022 perihal Penyesuaian Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 Dosis Lanjutan (Booster) yang ditandatangani oleh Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Maxi Rein Rondonuwu per tanggal 27 Januari 2022 kemarin. Vaksin AstraZeneca untuk booster ini digunakan secara homolog, yaitu pemberian dosis lanjutan menggunakan jenis vaksin yang sama dengan vaksin primer dosis lengkap.

Jadi, sekarang regimen vaksin booster menjadi 5 jenis vaksin. Berikut yang diberikan pada triwulan pertama tahun 2022, seperti dilansir dari Liputan6.com.

 

Untuk sasaran dengan dosis primer Sinovac, maka diberikan:

1. Vaksin AstraZeneca, separuh dosis atau 0,25ml.

2. Vaksin Pfizer, separuh dosis atau 0,15ml.

Untuk sasaran dengan dosis primer AstraZeneca, maka diberikan:

1. Vaksin Moderna, separuh dosis atau 0,25ml.

2. Vaksin Pfizer, separuh dosis atau 0,15ml.

3. Vaksin AstraZeneca, dosis penuh atau 0,5ml.

Pemberian vaksin AstraZeneca untuk booster secara homolog juga telah mendapat persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI. Ada peningkatan nilai rata-rata titer antibodi IgG setelah pemberian booster atau dosis lanjutan dari 1,792 menjadi 3.746.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading