Sukses

Health

Menurut Studi Mandi Pagi Mencegah Risiko Stres dan Depresi

Fimela.com, Jakarta Stres dan depresi bisa disebabkan oleh berbagai hal. Pandemi yang tak kunjung selesai juga bisa menyebabkan seseorang lebih rentan terhadap risiko stres hingga depresi. Untuk menurunkan risiko stres, melansir dari laman viventive.com kita disarankan untuk sering-sering mandi di pagi hari. 

Para ahli menyebutkan jika mandi pagi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Di antaranya meningkatkan produktivitas, mencegah risiko stroke dan jantung, meredakan sakit, melancarkan sirkulasi darah hingga mencegah stres. 

Mandi Pagi dengan Air Dingin Serupa dengan Hidroterapi

Mengutip dari laman Psycology Today, disebutkan jika mandi pagi memiliki manfaat yang setara dengan pengobatan menggunakan air. Mandi pagi bisa melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh yang mana hal ini akan membantu tubuh lebih rileks. Ini juga memungkinkan asupan oksigen yang masuk ke otak semakin baik dan bisa mencegah stres hingga depresi. 

Mandi di pagi hari khususnya saat subuh juga akan membuat suasana hati semakin bahagia. Mandi pagi bisa meningkatkan hormon beta-endorfin yang bermanfaat meningkatkan suasana bahagia dalam hati. Ini juga akan melepaskan hormon norepinefrin yang bisa membuat hati jauh lebih sabar, tenang dan nyaman. Tak hanya itu saja, mandi pagi juga bisa membuat seseorang jauh lebih bersemangat untuk memulai aktivitas. 

Penelitian juga menyebutkan jika mandi pagi bisa menurunkan risiko hidung tersumbat, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meringankan sakit kepala. Mengingat begitu banyak manfaat mandi pagi, mulai sekarang jangan lupa untuk lebih rutin mandi. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading