Sukses

Health

Insomnia Hingga Depresi, Ini Alasan Kenapa Kamu Sering Mengantuk

Fimela.com, Jakarta Mengantuk menjadi kondisi yang wajar dialami oleh semua orang. Namun, jika kondisi mengantuk terjadi secara terus menerus dan terjadi kapan saja baik itu di pagi, siang, sore dan malam hari, ini bisa menjadi tanda bahwa kondisi kesehatanmu sedang tidak baik-baik saja. 

Studi menyebutkan jika mengantuk yang sering terjadi bisa disebabkan oleh beberapa hal. Hal tersebut antaranya mengalami insomnia akut hingga risiko depresi. Melansir dari laman health.com, selain dua hal tersebut ada beberapa alasan lain kenapa seseorang sering mengantuk.

Alasan Seseorang Sering Mengantuk

1. Konsumsi Minuman Beralkohol Berlebihan

Alasan pertama kenapa seseorang sering mengantuk adalah konsumsi minuman beralkohol yang berlebihan. Kandungan alkohol dalam minuman bisa memicu kulitas tidur yang kurang baik. Konsumsi minuman beralkohol secara terus menerus juga sangat memungkinkan seseorang memiliki waktu tidur yang berantakan. Inilah yang kemudian membuat seseorang sering mengantuk terutama di siang hari. 

2. Kelelahan Kronis

Mereka yang mengalami kelelahan kronis juga akan memiliki waktu tidur berantakan. Kelelahan kronis bisa menyebabkan seseorang sering mengantuk, mudah lelah, lesu bahkan muah lupa. 

3. Sleep Apnea

Sleep apnea merupakan kondisi saat napas berhenti ketika tidur. Sleep apnea memungkinkan seseorang memiliki kualitas tidur yang buruk hingga depresi. Inilah yang kemudian membuat seseorang sering mengantuk di siang hari. 

4. Insomnia

Bagi seseorang yang mengalami insomnia, sudah bisa dipastikan bahwa ia memiliki kualitas tidur yang buruk karena tidak bisa tidur saat malam hari. Kualitas tidur yang buruk inilah yang membuatnya sering mengantuk. 

5. Depresi

Seseorang yang mengalami depresi juga sangat mungkin sering mengantuk saat siang hari. Depresi bahkan bisa membuat seseorang merasa kelelahan sepanjang waktu, kurang semangat menjalani hidup hingga berisiko mengakhiri hidup. Depresi yang sudah akut sangat berbahaya bagi kesehatan fisik pun psikis seseorang. 

 

Itulah beberapa alasan kenapa kamu sering mengantuk. Selain alasan dia atas, sering mengantuk juga bisa disebabkan oleh sindrom kaki gelisah, narkolepsi, parasomnia dan kebiasaan tidur yang buruk. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading