Sukses

Health

9 Efek Samping Vaksin Covid-19 yang Umum Dialami, Ketahui Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Pemerintah hingga kini masih gencar melaksanakan program vaksinasi Covid-19. Belakangan pun telah banyak yang kembali melakukan vaksinasi dosis ketiga atau yang disebut sebagai vaksin booster.

Setelah vaksin Covid-19, tak dapat dipungkiri efek samping memang mungkin dirasakan oleh penerima vaksin. Melansir dari WHO, efek samping vaksin Covid-19 yang dirasakan berbeda-beda tiap orang.

Meski begitu, efek yang ditimbulkan usai vaksinasi merupakan tanda normal bahwa tubuh sedang mengembangkan perlindungan dalam tubuh.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat (CDC) dan Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan daftar efek samping vaksin Covid-19. Apa saja? simak berikut ini selengkapnya Sahabat Fimela!

 

Efek Samping Vaksin Covid-19

Dilansir dari situs resmi WHO dan CDC, berikut ini 9 daftar efek samping vaksin Covid-19 yang umum terjadi:

1.  Demam

2.  Kelelahan

3.  Nyeri di area bekas suntikan

4.  Muncul kemerahan atau bengkak di area bekas suntikan

5.  Kelelahan

6.  Nyeri Otot

7.   Kedinginan

8.   Mual

9.   Sakit kepala

Cara Mengatasi Efek Samping Vaksin Covid-19

Menurut Ketua Komnas Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), Prof DR Dr. Hindra Irawan Satari, Sp.A (K) M. TropPaed, untuk meredakan reaksi yang muncul dari vaksin Covid-19 adalah dengan mengonsumsi obat yang sesuai.

Jika usai vaksinasi Covid-19 mengalami demam, maka kamu bisa mengonsumsi obat demam. Sedangkan jika terasa nyeri di area bekas suntikan, kamu cukup menggerakannya seperti biasa atau mengompresnya. Ini berlaku juga untuk anak-anak.

“Kalau dia demam, segera, jangan ditunda. Tidak akan mempengaruhi daya kebal yang diperoleh (dari vaksinasi), dan jangan lupa minum air putih yang cukup,” kata Hinky, dikutip dari Health Liputan6.com.

Lebih lanjut, Hinky menjelaskan bahwa efek vaksinasi biasanya akan mereda dalam dua hari atau 48 jam. Namun jika tidak kunjung reda, maka kamu bisa melakukan pengecekan. Mengingat masih ada kemungkinan bahwa kamu juga mengalami penyakit lainnya.

“Biasanya KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) demam, pulih dalam satu dua hari. Jadi kalau lebih dari 48 jam, periksa,” lanjut Hinky.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading