Sukses

Health

10 Gejala Kehamilan yang Sering Terjadi Namun Jarang Disadari

Fimela.com, Jakarta Momen kehamilan menjadi anugerah terindah dari Tuhan yang diberikan kepada perempuan. Ada berbagai rasa yang bisa dirasakan saat hamil mulai dari rasa senang, sedih, cemas juga takut. Meski begitu, momen kehamilan tetap menjadi momen yang sangat indah dan tak bisa dilupakan begitu saja. 

Tak hanya momen indah untuk Mom, momen kehamilan juga menjadi momen indah untuk suami, orangtua, mertua serta keluarga besar. Kehamilan juga akan membuat suka cita mendalam di sekitar kamu. 

Mengenai kehamilan, tidak semua perempuan bisa mengenali gejala kehamilan dengan mudah. Tidak heran jika ada banyak perempuan yang mengetahui kehamilannya di usia kandungan yang sudah cukup tua yakni di usia 4, 5 bahkan 7 bulan. Melansir dari laman parents.com, kehamilan awal bisa ditunjukkan dengan beberapa gejala atau tanda. 

Gejala Umum Kehamilan

Berikut beberapa gejala kehamilan yang umum terjadi namun sangat jarang disadari karena gejala ini mirip dengan gejala awal menstruasi. 

  1. Terlambatnya menstruasi. Ini merupakan gejala paling umum dan mudah dikenali. 
  2. Morning sickness atau merasa mual dan pusing di pagi hari. Hampir sebagian besar perempuan merasakan morning sickness di trimester pertama kehamilannya. 
  3. Perempuan yang sedang hamil juga akan lebih sering merasa ingin kencing. Ini terjadi karena ada penekanan kandung oleh rahim yang terus membesar akibat kehamilan. 
  4. Mudah lelah juga menjadi gejala atau tanda awal kehamilan. Tak hanya mudah lelah, di awal kehamilan seseorang juga akan lebih sering merasa mudah haus. 
  5. Perubahan hormon membuat rasa aneh di mulut. Seseorang bisa memiliki nafsu makan yang semakin tinggi atau sebaliknya saat hamil. 
  6. Beberapa perempuan akan mengalami kram perut dan bercak merah saat hamil muda. Ini sebagai tanda bahwa  adanya penempelan sel telur ke dinding rahim. Biasanya kram perut ini akan terasa mirip dengan saat awal menstruasi.
  7. Suasana hati seseorang yang sedang hamil juga akan lebih mudah berubah-ubah. Kadang ia sangat bahagia, kadang ia mudah marah dan kadang pula mudah menangis. 
  8. Rambut rontok menjadi gejala selanjutnya. Penelitian menemukan jika rambut rontok erat kaitannya dengan perempuan hamil atau menyusui. Ini karena adanya perubahan hormon dalam tubuh. 
  9. Sembelit akan dialami oleh beberapa perempuan yang sedang hamil. Sembelit ini bahkan bisa lebih parah saat hamil trimester 3. 
  10. Suhu tubuh meningkat juga menjadi gejala awal kehamilan. 

Itulah beberapa gejala awal kehamilan yang seringkali terjadi namun jarang disadari. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading