Sukses

Health

Wedang Uwuh: Minuman Tradisional khas Yogyakarta yang Penuh Khasiat

Fimela.com, Jakarta Wedang uwuh adalah salah satu minuman tradisional khas Yogyakarta. Minuman berwarna merah kecokelatan ini sekilas mirip dengan wedang secang. Namun ternyata kedua minuman ini adalah minuman yang berbeda.

Jika bahan utama wedang secang adalah kayu secang. Sedangkan bahan utama wedang uwuh adalah kayu secang, jahe, kayu manis, kapulaga, pala, cengkeh, dan berbagai rempah lainnya. Rasa wedang uwuh yang sedikit pedas karena kandungan jahenya.

Penyajiannya ditambahkan dengan tambahan gula batu untuk memberikan sedikit rasa manis. Dari berbagai rempah-rempah yang digunakan, dapat dilihat bahwa wedang uwuh adalah salah satu minuman tradisional dengan berbagai khasiat. Kira-kira, apa saja ya khasiat wedang uwuh?

Khasiat Wedang Uwuh

Jahe yang Menyehatkan

Jahe menjadi salah satu bahan utama wedang uwuh. Jahe memiliki sifat anti pembekuan darah, sehingga jahe mampu mencegah penyumbatan pembuluh darah yang menjadi penyebab utama stroke dan serangan jantung. Selain itu, jahe juga dianggap mampu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Dikutip dari laman resmi Kementrian Kesehatan RI, jahe juga dianggap sebagai salah satu tanaman herbal yang efektif dalam mengatasi asam urat dan peradangan sendi karena mampu memperlancar peredaran darah. Dalam pengobatan tradisional, jahe juga seringkali digunakan untuk mengatasi mual dan muntah serta penyakit ringan seperti batuk.

Sebagai Antioksidan

Selain digunakan sebagai penambah aroma, penggunaan kayu manis pada wedang uwuh ternyata membawa sejuta manfaat. Kayu manis memiliki sifat antioksidah, sehingga kayu manis sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, kandungan lain dari kayu manis bahkan dianggap mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Beberapa penyakit lain yang dapat diatasi dengan konsumsi kayo manis secara rutin adalah sakit perut, kembung, sakit kepala karena sinus, kelelahan, bahkan kelebihan berat badan. Tapi perlu diingat bahwa khasiat kayu manis akan semakin maksimal jika dibarengi dengan gaya hidup sehat.

Sebagai Antikanker

Kemudian secang yang berpengaruh pada warna merah kecokelatan wedang uwuh juga ternyata memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan. Berdasarkan salah satu penelitian yang dilakukan di Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, secang memiliki sifat antioksidan dan antikanker. Selain itu, secang dianggap mampu melancarkan peredaran darah dan melegakan pernafasan. Sehingga, secang seringkali digunakan untuk mengobati beberapa penyakit, seperti sifilis, batuk darah, dan radang.

Nah, itu adalah beberapa manfaat dari tiga bahan utama wedang uwuh. Tidak hanya tiga bahan tersebut, bahan pendukung lain seperti pala, kapulaga, cengkah, dan gula batu juga memiliki segudang khasiat untuk kesehatan. Jadi, bisa dibayangkan betapa banyak manfaat yang bisa kita rasakan dari meminum satu cangkir wedang uwuh saja. 

 

Ditulis oleh: Savitri Anggita Kusuma Wardani

 

 

What's On Fimela
Loading