Sukses

Health

Marc Marquez Kembali Alami Diplopia, Penglihatan Ganda Usai Kecelakaan Hebat di MotoGP Mandalika

Fimela.com, Jakarta Tim Repsol Honda mengonfirmasi Marc Marquez mengalami diplopia usai crash di MotoGP Mandalika, Minggu (20/3/2022). Diplopia yang dialami Marc Marquez menjadi kesekian kalinya terjadi akibat terjatuh di sesi Warm Up MotoGP Mandalika.

Marc Marquez dinyatakan tidak fit untuk mengikuti balapan di MotoGP Indonesia yang digelar di sirkuit Mandalika setelah mengalami benturan keras di Tikungan 7 saat Pemanasan sebelum balapan.

"Tim medis MotoGP mengkonfirmasi bahwa Marquez mengalami gegar otak dan beberapa trauma ringan sebelum dipindahkan ke rumah sakit di Mataram," mengutip dari laman Repsol Honda.

Marc Marquez langsung menjalani pemeriksaan medis yang lebih lengkap CT Scan. Hasilnya, terdapat cedera berat sehingga tim Repsol Honda memutuskan untuk tidak melibatkan Marc Marquez dalam sesi balapan.

 

Jalani perawatan di Spanyol

Selama perjalanan kembali ke Spanyol, Marc Marquez mulai mengalami rasa tidak nyaman dengan penglihatan. Ketika tiba di Barcelona pada Senin (21/3/2022), ia menjalani pemeriksaan di Hospital Clinic de Barcelona dengan dr. Sanchez Dalmau.

Dari hasil pemeriksaan, dokter mengonfirmasi bahwa Marc Marquez kembali mengalmai diplopia yang pernah ia derita pada November 2021.

Pagi ini (22/3/2022) waktu Spanyol, Marquez mengunjungi tim medisnya di Ruber Internacional Hospital di Madrid untuk menjalani pemeriksaan medis umum. Pemeriksaan ini untuk mengevaluasi semua memar akibat kecelakaan dan MRI otak. Dari pemeriksaan ini dikonfirmasi Marquez tidak mengalami cedera lain.

 

Apa itu diplopia

Diplopia sendiri merupakan kondisi penglihatan ganda yang berdampak pada keseimbangan, pergerakan, dan kemampuan membaca. Penglihatan ganda ini terjadi saat kedua mata terbuka, sementara penglihatan kembali normal saat menutup satu mata.

Dikutip dari Medical News, diplopia bisa disebabkan oleh kerusakan saraf atau otot. Penyakit tertentu juga bisa dapat melemahkan otot yang menggerakkan mata dan menghasilkan penglihatan ganda. Benturan keras di kepala, seperti yang dialami oleh Marc Marquez, menjadi pemicu dari terjadinya diplopia.

Ada beberapa jenis pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi diplopia. Mulai dari penggunaan kacamata khusus, terapi mata, hingga operasi, tergantung dari tingkat keparahan dan penyebab dari diplopia itu sendiri.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading