Sukses

Health

7 Cara Persiapkan Tubuh agar Tetap Sehat Jalani Puasa Ramadan

Fimela.com, Jakarta Setiap orang mungkin memiliki persiapan yang berbeda-beda untuk menyambut Ramadan, salah satunya adalah memerhatikan kondisi kesehatan. Ada banyak hal yang bisa disiapkan tubuh sebelum puasa Ramadan, cek sekian poin di bawah berikut ini.

1. Puasa sukarela sebelum puasa

Entah kamu sedang membayar utang puasa Ramadan tahun lalu atau puasa sunah, akan lebih baik jika beberapa hari sebelum Ramadan datang kamu sudah membiasakan diri dengan sesekali puasa. Ini akan membuat tubuh tidak kaget dan menjadi lebih mudah menjalani puasa di beberapa hari awal Ramadan.

2. Periksa ke dokter

Jika memiliki penyakit yang bisa mengganggu ibadah puasa, misalnya diabetes, asam lambung, dan lainnya, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sehingga kemungkinan masalah kesehatan bisa diatasi atau dicegah. Mungkin ada makanan yang harus dikonsumsi atau dihindari selama puasa Ramadan. Hal-hal seperti ini perlu dicatat.

3. Batasi porsi makanan terutama junk food

Selain menunaikan ibadah, agar mendapatkan manfaat kesehatan dari puasa Ramadan, kita bisa mulai mengurangi makan makanan dengan porsi besar dan mengurangi konsumsi makanan berminyak, berlemak, dan berkalori tinggi seperti terlalu banyak gula dan garam. Biasakan makan makanan yang sehat, kaya gizi dan tinggi serat agar perut kenyang lama.

4. Ubah jam dan pola tidur

Perubahan pola tidur selama bulan Ramadan pasti akan membuat aktivitas harianmu kacau, misalnya mudah mengantuk di pagi hari dan lesu. Itulah mengapa sudah waktunya mengubah pola tidur. Sebisa mungkin hindari begadang, tidur lebih awal (misalnya jam 7 malam) sehingga bisa bangun tidur lebih awal pula. Jika jam kerja bisa fleksibel mengikuti pengubahan pola tidurmu, usahakan mengganti kurang tidur dengan tidur siang.

5. Berhenti minum kopi

Jika kamu jenis orang yang selalu ngopi pagi hati atau bahkan lebih dari 3-4 cangkir setiap hari, ada baiknya mulai mengurangi konsumsi minuman tinggi kafein ini. Karena kopi sendiri tak baik untuk lambung dan memiliki efek ketagihan, mengurangi porsi minum kopi setiap hari akan memberi latihan pada tubuh untuk puasa kopi. Sakit kepala atau pusing mungkin akan jadi efeknya, tapi efek ketergantungan ini akan perlahan hilang.

6. Atur jadwal olahraga dan sesuaikan

Penting sekali untuk tetap berolahraga selama puasa Ramadan, namun sesuaikan agar tidak mudah membuat tubuh dehidrasi dan kehabisan energi. Bisa juga mengatur waktu olahraga menjadi setelah buka puasa atau mendekati waktu berbuka.

7. Perbanyak persediaan makanan bergizi

Satu hal lagi yang penting agar puasa Ramadan tidak bermasalah dan bahkan bisa menjaga berat badan ideal adalah dengan menyediakan banyak stok makanan sehat selama sebulan ke depan. Belilah lebih banyak sayuran karena nutrisi yang baik serta serat sangat dibutuhkan pencernaan agar tidak mudah lapar selama menjalani puasa.

Itu dia sekian cara mempersiapkan tubuh agar nyaman menjalani puasa Ramadan.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading