Sukses

Health

Apa Itu Bipolar Disorder Atau Gangguan Bipolar?

Fimela.com, Jakarta Apa itu bipolar disorder atau gangguan bipolar? National Association of Mental Illness (NAMI) mendefinisikan gangguan bipolar yang juga dikenal sebagai gangguan manik-depresif, sebagai penyakit mental yang ditandai dengan perubahan dramatis dalam suasana hati, energi, dan tingkat aktivitas yang memengaruhi kemampuan individu untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

purdue.edu menuliskan jika perubahan energi dan suasana hati ini lebih parah daripada pasang-surut kehidupan sehari-hari. Karena gangguan bipolar adalah kondisi medis jangka panjang. 

Terdapat tiga jenis gangguan bipolar; gangguan bipolar I, gangguan bipolar II, dan cyclothymia. Gangguan bipolar I didefinisikan oleh episode manik, seringnya berlangsung lebih dari satu minggu dan terdapat episode depresi meski tidak semua orang mengalaminya. 

Gangguan bipolar II didefinisikan oleh pola episode depresif dan hipomanik. Tetapi bukan episode manik penuh yang dialami dengan gangguan bipolar I. Ketiga adalah siklotimia, yang didefinisikan oleh beberapa episode hipomanik dan periode gejala depresi selama setidaknya dua tahun.

Episode tersebut tidak separah pada gangguan bipolar I atau II. Tetapi dapat berdampak serius pada kehidupan.

Gangguan Gejala Bipolar

Gejala gangguan bipolar meliputi:

Depresi

- Agitasi dan lekas marah

- Perubahan nafsu makan atau berat badan

- Perasaan putus asa

- Mudah lelah

- Konsentrasi buruk

- Isolasi sosial

- Pikiran bunuh diri

mania

- Kecenderungan mudah teralihkan

- Suasana hati yang meningkat

- Iritabilitas yang ekstrem

- Pikiran bercabang

- Perubahan suasana hati yang cepat dan tidak terduga

 

#WomenForWomen 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading