Sukses

Health

4 Jenis Minuman yang Sebaiknya Dihindari saat Sahur

Fimela.com, Jakarta Agar tidak dehidrasi dan bisa menjalankan ibadah puasa Ramadan dengan optimal, mencukupi kebutuhan cairan dengan baik merupakan hal yang paling utama. Dari berbagai jenis minuman yang ada, air putih tetap jadi pilihan paling aman untuk sahur dan berbuka puasa. Namun, bukan berarti berlebihan dalam minum air putih.

Saat sahur, kita bisa minum dua atau tiga gelas air putih. Atau kalau bosan dengan air putih, kita bisa menunjangnya dengan menikmati makanan yang berkuah seperti sup daging atau sajian berkuah kaldu. Selain itu, perlu diperhatikan ada jenis-jenis minuman tertentu yang sebaiknya dihindari saat sahur seperti empat jenis minuman berikut ini.

 

1. Minuman Berkafein

Minuman berkafein seperti teh dan kopi sebaiknya tidak diminum saat sahur. Kenapa? Sebab kandungan kafein pada minuman tersebut bersifat diuretik. Sehingga meminum minuman berkafein saat sahur hanya akan membuat tubuh kita jadi mudah buang air kecil. Jadi, bukannya tercukupi kebutuhan cairan tubuh tetapi malah kehilangan lebih banyak cairan yang dikeluarkan melalui urin.

2. Minuman Bersoda atau Minuman dengan Perasa Buatan

Kandungan gula yang tinggi pada minuman bersoda bisa membuat kita malah akan lebih cepat haus saat puasa. Selain itu, kandungan soda dalam minuman bisa membuat kita berisiko mengalami perut kembung atau gangguan asam lambung. Minuman dengan perasa buatan dan berpengawet juga ada baiknya tidak diminum saat sahur.

 

3. Minuman Terlalu Asam

Karena kondisi perut yang masih kosong saat bangun sahur, minuman yang terlalu asam bisa memicu naiknya asam lambung. Apalagi bagi yang punya penyakit maag, sangat tidak disarankan minum minuman yang terlalu asam saat sahur.

 

4. Minuman yang Terlalu Manis

Kandungan gula yang terlalu tinggi pada minuman yang kita minum bisa membuat kadar gula darah di tubuh kita cepat naik dan turun. Sehingga bukannya membuat tubuh kita jadi lebih berenergi, tetapi malah membuat kita jadi makin cepat dan haus selama puasa.

Semoga ibadah puasa Ramadan kali ini lancar, ya. Jaga pola makan yang lebih sehat dan dapatkan lebih banyak pahala di bulan yang suci ini dengan niat puasa untuk ibadah.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading