Sukses

Health

Acha Septriasa Sebut Hanya Punya Satu Ginjal Sejak Kecil, Mungkinkan Bisa Hidup Normal?

Fimela.com, Jakarta Acha Septriasa mengungkapnya dirinya merupakan orang yang hanya memiliki satu ginjal sejak kecil. Pernyataan ini menjadi viral di media sosial karena tidak menyangka ibu satu anak itu mengalami kondisi yang langka.

Acha Septriasa sendiri tidak menyangka bahwa dirinya hanya memiliki satu ginjal untuk hidup. Hal ini mulai diketahui lantaran dia sering mengeluh kesakitan di pinggang bagian kiri bahkan hingga jatuh pingsan ketika menjalani aktivitas berat.

Terlebih di awal kariernya, Acha Septriasa disibukkan dengan aktivitas syuting yang padat, yang memaksa tubuhnya untuk bekerja hingga subuh. Ketika dilakukan MRI barulah diketahui jika Acha Septriasa hanya memiliki satu ginjal di sebelah kiri.

Lantas, bisakah Acha Septriasa dan orang lain dengan kondisi yang sama bisa hidup normal?

 

Minum lebih banyak

Dikutip dari Kidney.org, kondisi orang lahir dengan satu ginjal disebut Renal Agenesis. Penelitian juga menyebut kondisi ini terjadi pada satu dari 1000 kelahiran. Probabilitas yang sama juga terjadi pada anak yang memiliki dua ginjal namun hanya satu yang berfungsi.

Dengan hanya memiliki satu ginjal, tentu Acha Septriasa harus lebih memerhatikan apa saja yang ia konsumsi. Ia mengaku bisa menghabiskan 3,5 liter air dalam sehari untuk membantu kinerja ginjal saat menyaring kotoran dalam tubuh.

Acha Septriasa pun mengungkapkan dokter menganjurkan untuk sering minum agar ginjalnya selalu terbilas. Dengan rutinitas minum air putih yang jauh lebih banyak, tentu ia akan lebih sering buang air kecil dan tidak boleh ditahan.

 

Jalani gaya hidup sehat

Memerhatikan gaya hidup menjadi kunci penting bagi mereka yang hanya memiliki satu ginjal berfungsi. Seperti dikutip dari Healthline, seseorang dengan satu ginjal sejak lahir bisa hidup normal selama melakoni gaya hidup sehat.

Mulai dari mengonsumsi makanan sehat, olahraga rutin, mengontrol berat badan, tetap terhidrasi, mengontrol tekanan darah dan tekanan gula, serta kontrol ke dokter secara reguler.

 

Peran ginjal dan risikonya

Ginjal sendiri sangat berperan penting untuk mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh, menjaga protein cukup dalam darah, dan mengontrol tekanan darah. Sehingga konsumsi cairan dan protein yang cukup penting bagi pemilik satu ginjal, seperti Acha Septriasa.

Meski bisa menjalani hidup normal, pemilik satu ginjal memiliki resiko terhadap peningkatan tekanan darah, retensi caira, dan proteinuria yang sedikit lebih tinggi.

Loading