Sukses

Health

Apa Penyeban Hidung Mampet yang Bikin Tidak Nyaman? Cek Di Sini

Fimela.com, Jakarta Hidung tersumbat atau hidung mampet akan terjadi ketika hidung dan jaringan disekitar pembuluh darah menjadi bengkak karena kelebihan cairan. Hal ini terkadang akan buat kita pengap atau kesulitan untuk bernafas, hidung mampat mungkin tidak disertai dengan keluarnya lendir tetapi dikenal sebagai hidung meler.

Hidung mampet sendiri merupakan gangguan pada anak anak maupun orang dewasa bahkan lebih tua, hal ini terkadang menjadi masalah yang cukup serius bagi anak anak karena akan sulit tertidur karena masalah ini. Tak hanya itu bayi juga kemungkinan akan mengalami kesulitan makan dan lain sebagainya.

Meski terdengar sering terjadi oleh sebagian orang, hidung mampet dapat menjadi masalah yang serius atau terkadang sering dikaitkan dengan sinus hidung. Berikut beberapa penyebab hidung mampet yang sering terjadi pada banyak orang:

1. Alergi Udara

Rhinitis alergi juga dikenal sebagai hay fever merupakan reaksi alergi yang dapat menyebabkan bersin, sakit tenggorokan, dan hidung mampat. Beberapa alergen terutama udara termasuk serbuk sari pohon, puluh hewan peliharaan, tungau debu, dan jamur terkadang buat seseorang mengalami hidung mampat.

2. Sinusitis Akut

Peradangan sinus juga sering dikenal sebagai infeksi sinus, sinus terkadang akan menghasilkan lendir tipis yang mengalir keluar dari saluran sempit hidung dan akan membersihkan area tersebut saat bergerak. Akan tetapi, sinus juga dapat tersumbat oleh cairan dan membengkak karena adanya iritasi yang dapat menyebabkan infeksi.

3. Virus Pilek dan Flu

Pilek dan flu dapat disebabkan oleh virus hal ini termasuk hidung tersumbat karena adanya beberapa gejala. Meski pilek dan flu sering menyerang beberapa orang tetapi hal ini juga dapat menjadi pertanda adanya masalah yang cukup serius, biasanya pilek dan flu dapat membuat seseorang mengalami hidung mampet.

4. Polip Hidung

Polip hidung juga dapat tumbuh di lapisan saluran hidung, terkadang hal ini tidak menyakitkan tetapi dapat menggantung seperti tetesan air mata dan diakibatkan oleh peradangan kronis yang berhubungan dengan asma, alergi, atau infeksi. Sementara itu polip kecil mungkin tidak akan menimbulkan gejala dan tidak memerlukan pengobatan yang cukup serius, polio besar atau kelompok polip juga dapat menyumbat saluran hidung dan menyebabkan hidung mampet.

5. Iritasi Kimia atau Lingkungan

Iritasi biasanya akan datang dalam berbagai bentuk termasuk dari asap tembak kau, asap mobil, parfum, dan pembersih rumah tangga. Semua hal ini terkadang dapat membuat seseorang mengalami penyumbatan pada saluran hidung dan membuat sulit bernafas. Kamu dapat menggunakan anti histamin untuk membantu mengeringkan carinya, akan tetapi cara terbaik adalah menghindari iritan sejak awal.

Beberapa pengobatan di rumah ternyata juga dapat membantu mengatasi hidung tersumbat, humidifier akan menambah kelembapan udara dan dapat membantu memecah lendir serta dapat menenangkan saluran hidung yang meradang. Hidung tersumbat jarang menyebabkan masalah kesehatan utama dan paling sering disebabkan oleh flu biasa atau infeksi Sinus, gejala biasanya akan membaik disertai dengan perawatan yang tepat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading