Sukses

Health

5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Ibu Menyusui Saat Puasa

Fimela.com, Jakarta Menyusui saat bulan Ramadan memang memberikan tantangan tersendiri bagi setiap Mom. Bagaimana tidak, Mom harus menutrisi tubuh dengan sangat baik agar produksi ASI tetap lancar dan menyukupi untuk si kecil. Ketika Mom berpuasa dan asal dalam memilih nutrisi untuk tubuh, tentunya ini bisa berpengaruh pada produksi ASI yang ada.

Melansir dari laman healthlline.com, ada beberapa makanan terbaik yang sebaiknya dikonsumsi ibu menyusui saat berpuasa. Makanan ini tak hanya meningkatkan energi tetapi juga membuat produksi ASI tetap lancar serta berkualitas. Apa saja makanan tersebut?

Buah Aplukat

Makanan pertama ada buah alpukat. Buah ini sangat baik untuk menutrisi tubuh Mom maupun si kecil. Konsumsi alpukat dengan takaran yang tepat saat berbuka dan sahur akan membantu Mom memiliki produksi ASI yang lancar. Alpukat merupakan buah yang kaya akan lemak dan kalori sehingga baik untuk sumber energi ibu menyusui.

Sayur Brokoli

Makanan selanjutnya yang baik untuk ibu menyusui selama puasa adalah sayur brokoli. Sayuran ini mengandung banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan tubuh mulai dari kalium, fosfor, zat besi, vitamin A, B, dan D. Brokoli juga merupakan sayur yang enak dan diolah menjadi berbagai masakan lezat untuk buka maupun sahur.

Sayur Bayam

Sayur bayam juga merupakan sumber nutrisi terbaik untuk ibu menyusui di bulan Ramadan. Kandungan nutrisi pada bayam sangat baik untuk melancarkan produksi ASI. Sayur bayam bisa diolah menjadi sayur bening, bobor atau cukup direbus dan disantap bersama bumbu urap juga bumbu pecel.

Kacang-Kacangan

Aneka kacang-kacangan mulai dari kacang hijau, kacang kedelai, kacang tanah hingga kacang almond sangat baik untuk menutrisi tubuh ibu menyusui. Kacang-kacangan juga bermanfaat memperlancar produksi ASI saat berpuasa maupun setelah berbuka dan sahur. 

Ikan dan Daging

Dua makanan ini juga sangat baik untuk ibu menyusui. Pastikan untuk konsumsi ikan dan daging cukup setiap harinya demi dapatkan asupan nutrisi terbaik. 

Selain makanan di atas, aneka buah dan telur juga menjadi makanan yang baik bagi ibu menyusui selama berpuasa. Makanan yang sehat dan bernutrisi tak hanya memperlancar produksi ASI tetap juga meningkatkan daya tahan tubuh serta sumber energi. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading