Sukses

Health

4 Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan, Mulai dari Meningkatkan Suasana Hati hingga Mengurangi Stres

Fimela.com, Jakarta Baik Sahabat Fimela terkikik pelan atau terkikik keras, tertawa itu baik untukmu. Tidak heran jika tertawa adalah pereda stres yang sangat baik. Tertawa adalah salah satu perasaan terbaik di dunia. Tertawa memiliki kekuatan untuk menyatukan orang dan membentuk ikatan yang luar biasa. Segala sesuatu mulai dari tawa ringan hingga tawa terbahak-bahak dapat mengubah situasi menjadi hangat.

Nah, selain beberapa hal di atas, berikut ini adalah beberapa manfaat lain dari tertawa. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Merangsang Organ

Terapi tawa meningkatkan asupan oksigen, merangsang otot, paru-paru, dan jantung, dan meningkatkan pelepasan endorfin. Ini juga meningkatkan sirkulasi darah yang lebih baik, yang membantu dalam pencegahan penyakit kardiovaskular.

2. Mengurangi Stres

Saat kamu stres, tubuh memproduksi kortisol. Kortisol dapat memainkan peran penting dalam tubuh. Ini mengatur kadar gula darah, mengurangi peradangan, mengatur metabolisme, dan, pada saat-saat penting, mengaktifkan respons melawan tubuh. Tertawa adalah salah satu cara tubuh dapat membantu mengatur kadar kortisol. Tertawa meningkatkan asupan oksigen, yang merangsang sirkulasi dan menurunkan kadar kortisol.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Tertawa adalah latihan kardio yang sangat baik, terutama bagi mereka yang tidak dapat melakukan aktivitas fisik lainnya karena cedera atau sakit. Ini meningkatkan detak jantung dan membakar jumlah kalori yang sama per jamnya dengan berjalan lambat hingga sedang. Jadi, tertawalah jalan menuju kesehatan yang baik.

4. Tingkatkan Suasana Hati

Tertawa membuatmu merasa lebih bahagia, melepaskan endorfin di otak, dan meningkatkan mood. Bahkan tawa yang relatif singkat per hari dapat menurunkan kadar hormon stres. Banyak orang menderita depresi, yang dapat diperparah oleh penyakit kronis. Tertawa dapat membantu mengurangi stres, depresi, dan kecemasan, serta membuatmu merasa lebih bahagia. Ini juga dapat membantumu merasa lebih baik tentang diri sendiri.

Nah, buat kamu yang suka tertawa, inilah beberapa manfaat tertawa bagi kesehatan. Dan tentunya, ini dapat meredakan stres. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading