Sukses

Health

8 Perubahan yang Sering Terjadi Pada Tubuh Perempuan setelah Melahirkan

Fimela.com, Jakarta Momen kehamilan dan melahirkan merupakan momen yang sangat istimewa juga mengesankan untuk setiap perempuan. Meski mengesankan, momen ini juga menjadi momen yang membuat cemas karena setelah melahirkan akan ada banyak perubahan yang terjadi pada tubuh perempuan. 

Perubahan pada tubuh ini bahkan menjadi perubahan yang cukup ditakuti karena perubahan ini membuat perempuan merasa tak secantik sebelum hamil dan melahirkan. Penasaran perubahan apa saja yang sering terjadi pada tubuh perempuan setelah melahirkan? Melansir dari laman parents.com, berikut sedikitnya 8 perubahan tubuh tersebut.

Perubahan Tubuh Setelah Melahirkan

  1. Keluarnya darah nifas dari miss V. Ini merupakan perubahan pertama yang dialami oleh semua perempuan. Nifas biasanya terjadi selama 40 hari atau 6 minggu setelah melahirkan. 
  2. Kesulitan menahan buang air kecil. Saat hamil kantung kemih terdesak oleh rahim yang membesar, ini kemudian membuat perempuan sering merasa ingin kencing. Setelah melahirkan pun perempuan akan kesulitan menahan kencing karena rahim belum menyusut sempurna ke ukuran semula. Meski begitu, seiring dengan bertambahnya waktu volume rasa ingin kencing akan berkurang. 
  3. Miss V akan terasa lebih longgar dan lebar. Ini umum terjadi pada perempuan yang melahirkan secara normal. Tapi jangan khawatir Sahabat Fimela, miss V akan kembali menyusut dengan olahraga yang tepat dan seiring dengan bertambahnya waktu. 
  4. Selain miss V terasa lebih longgar, miss V juga akan terasa lebih kering. Ini karena kadar estrogen dalam tubuh Mom menurun selama menyusui. 
  5. Stretch mark akan muncul di perut setelah melahirkan. Ini karena perut yang semula besar saat hamil tiba-tiba menyusut. Selain itu, perut juga tak sekencang sebelum hamil. Perut juga rentan buncit setelah meahirkan. Penting untuk melakukan olahraga perut agar perut kembali kencang dan cantik seperti semula. 
  6. Payudara terasa bengkak dan nyeri adalah perubahan yang terjadi selanjutnya. Selama menyusui, payudara akan terasa lebih besar, berisi, bengkak dan terkadang nyeri. Setelah selesai masa menyusui, payudara justru akan menyusut dan tak sekencang sebelumnya. 
  7. Rambut rontok juga menjadi perubahan yang sering dialami perempuan hamil serta menyusui. Namun jangan khawatir, setelah beberapa bulan usai melahirkan, masalah rambut rontok akan sembuh atau berkurang dengan sendirinya. 
  8. Perubahan hormon tubuh saat hamil dan melahirkan akan membuat kulit rentan kusam. Ini juga akan membuat beberapa bagian tubuh terlihat lebih gelap. Wajah juga rentan berjerawat saat hamil atau menyusui. 

Itulah beberapa perubahan tubuh yang dialami perempuan setelah hamil dan melahirkan. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading