Sukses

Health

Bahaya Dehidrasi Selama Kehamilan, Picu Kontraksi Palsu Hingga Kematian

Fimela.com, Jakarta Momen kehamilan menjadi momen yang sangat mengesankan bagi setiap perempuan. Di momen ini, ibu hamil mengalami berbagai hal menarik dan baru dalam hidupnya. Meski begitu, ibu hamil juga rentan mengalami berbagai hal yang cukup membuat khawatir serta waspada. Salah satunya adalah momen dehidrasi. 

Melansir dari laman parents.com, ibu hamil sangat rentan mengalami dehidrasi. Ini karena kebutuhan cairan saat hamil meningkat sangat drastis. Keluhan mual dan muntah selama hamil seringkali membuat ibu hamil tidak nafsu makan bahkan tidak nyaman untuk sekedar minum air. Inilah yang kemudian membuat risiko dehidrasi semakin tinggi. 

Ketika ibu hamil mengalami dehidrasi, ini sangat berbahaya buat kesehatan ibu hamil maupun janin di kandungan. Apa saja bahayanya?

Bahaya Dehidrasi Selama Kehamilan

Salah satu bahaya dari dehidrasi selama kehamilan adalah memicu kontraksi palsu. Tak hanya itu saja, dehidrasi selama kehamilan juga bisa meningkatkan risiko air ketuban hanya sedikit. Ketika air ketuban hanya sedikit, tentu ini sangat berbahaya buat tumbuh kembang janin. Ini juga bisa membuat proses persalinan nantinya lebih berisiko. 

Paea ahli mengungkapkan jika dehidrasi selama hamil berbahaya untuk kesehatan ibu dan janin. Dehidrasi yang telah parah bahkan bisa meningkatkan risiko kematian pada ibu dan janin. Ini juga meningkatkan risiko keguguran. 

Selain kondisi di atas, dehidrasi selama kehamilan bisa menyebabkan masalah komplikasi kehamilan. Masalah komplikasi yang sering terjadi adalah penurunan produksi ASI, bayi lahir dengan cacat bawaan, bayi mengalami gangguan pada sistem saraf, dan persalinan prematur.

Mengingat begitu bahayanya dehidrasi selama kehamilan, pastikan jika saat hamil Mom menghidrasi tubuh dengan baik. Pastikan bahwa Mom tidak hanya menghidrasi tubuh dengan konsumsi air putih tetapi juga perbanyak konsumsi buah, sayur dan makanan yang mengandung air atau berkuah. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading