Sukses

Health

Minum Susu Hingga Relaksasi, Ini Tips Mengatasi Susah Tidur saat Hamil

Fimela.com, Jakarta Momen kehamilan menjadi momen yang sangat mengesankan buat setiap perempuan. Meski sangat mengesankan, momen kehamilan juga menjadi momen yang membuat Mom merasa kurang nyaman dalam beraktivitas maupun memulai untuk lekas tidur. Penelitian menemukan jika banyak ibu hamil yang mengalami insomnia atau susah tidur. 

Susah tidur ini tak hanya di saat awal atau memulai tidur, tetapi juga saat tengah malam ketika Mom terbangun. Melansir dari laman parents.com, ketika Mom susah untuk tidur dan terjadi selama kehamilan dari trimester pertama hingga ketiga, ini bisa berdampak buruk buat kesehatan Mom maupun janin. Jadi, penting bagi Mom untuk mengatasi masalah susah tidur ini. 

Bagaimana kira-kira untuk mengatasi masalah susah tidur? Simak beberapa tipsnya berikut ini Sahabat Fimela.

Tips Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil

Ketika Mom susah tidur di malam hari atau sering terbangun dan susah untuk menutup mata kembali, coba terapkan beberapa tips ini untuk mengatasinya. 

  1. Sebelum tidur, usahakan untuk minum susu hangat kemudian bersantai dengan membaca buku atau mendengarkan musik. Aktivitas ini bisa membuat Mom memiliki perasaan rileks dan lebih mudah tidur. 
  2. Buat jadwal tidur sebaik mungkin. Pastikan agar Mom tidur di waktu yang tepat dan terjadwal setiap harinya. Jika biasanya Mom tidur jam 9 atau 10, usahakan untuk selalu berangkat tidur di jam ini. 
  3. Batasi konsumsi makanan yang pedas, berkafein atau bersoda. Makanan yang seperti ini bisa berpengaruh pada kesehatan dan meningkatkan risiko susah tidur. 
  4. Hindari bermain gadget sebelum tidur. Bermain gadget akan membuatmu semakin terjaga saat malam hari. Bermain gadget juga bisa meningkatkan risiko pusing dan berkunang-kunang jika dilakukan dengan posisi tidur dan pencahayaan kurang. 
  5. Lakukan relaksasi sebelum tidur. Relaksasi bisa dengan yoga, melakukan peregangan serta mindfullness.
  6. Sebelum tidur usahakan untuk tidak makan berat. Ini demi mencegah terjadinya masalah lambung atau sistem pencernaan lainnya. Jika ingin makan berat, cobalah makan sebelum 3 jam sebelum tidur. 

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah susah tidur. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Loading