Sukses

Health

3 Penyebab Penyakit Vertigo yang Perlu Kamu Waspadai

Fimela.com, Jakarta Pernah mengalami vertigo? Atau mungkin sedang mengalami vertigo? Saat kamu mengalami vertigo biasanya akan merasakan sensasi yang bergerak dan berputar padahal tidak. Sensasi ini biasanya dapat kamu rasakan di sekelilingmu, selain itu terkadang juga akan terlihat bayang-bayang semu pada suatu benda.

Banyak orang yang menggambarkan saat mengalami vertigo akan merasakan pusing yang berbeda dari pusing seperti biasanya. Geradakan sederhana bagi seseorang yang mengalami vertigo biasanya akan mempengaruhi kehidupan sehari-hari.

Banyak kondisi yang dapat terjadi karena berbagai alasan, akan tetapi hal yang paling sering terjadi karena adanya sakit pada bagian telinga. Berikut beberapa penyebab vertigo yang mungkin kamu rasakan:

1. BBPV

BBPV merupakan vertigo paroksismal jinak, yang akan terjadi ketika partikel kalsium kecil dan dapat terlepas dan terkumpul di bagian dalam telinga. Telinga bagian dalam biasanya akan mengirimkan sinyal ke otak, ketika kamu merasakan sakit pada bagian telinga maka terkadang dapat membuat kamu merasakan vertigo atau pusing yang berkepanjangan.

2. Labirintis

Labirintis adalah gangguan yang terjadi pada bagian telinga dan menyebabkan peradangan di bagian telinga, ketika kamu sedang mengalami bagian telinga yang sakit maka akan ada kemungkinan kamu merasakan vertigo. Selain itu seseorang yang mengalami peradangan pada bagian telinga juga akan merasakan gangguan sakit kepala, sakit telinga, maupun tinnitius.

3. Penyakit Meniere

Penyakit satu ini juga dapat terjadi ketika adanya penumpukan pada cairan telinga bagian dalam, selain itu ketika kamu menderita penyakit satu ini maka akan merasakan sakit telinga yang sangat berdenging dan pusing maupun vertigo.

2 Tipe Vertigo

  • Vertigo Perifer : Vertigo perifer biasanya disebabkan oleh masalah pada area telinga yang terdapat pada bagian dalam maupun saraf vestibular yang menghubungkan telinga bagian dalam dan otak. Selain itu vertigo satu ini merupakab salah satu jenis vertigo yang paling umum terjadi pada banyak orang.
  • Vertigo Sentral : Vertigo sentral juga akan terjadi pada gangguan di otak terutama di bagian otak yang disebut sebagai serebelum.

Vertigo dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari, kemungkinan hal ini juga akan bertambah parah dengan seiringnya waktu. Kamu perlu periksa ke dokter jika memiliki gejala vertigo yang secara berkala selama lebih dari satu minggu, selain itu ketika kamu periksa ke dokter maka akan mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat.

What's On Fimela
Loading