Sukses

Health

Manfaat Melamun, Mengelola Kecemasan hingga Memperkuat Hubungan

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu melamun Sahabat Fimela? Melansir dari laman glamour.com, melamun ternyata merupakan aktivitas yang tidak selamanya buruk. Penelitian menemukan jika melamun juga bermanfaat untuk mengendalikan perasaan seseorang agar menjadi pribadi yang lebih ikhas, tenang dan nyaman. Melamun juga dipercaya bermanfaat memperkuat hubungan seseorang dengan sesuatu baik itu pasangan, pekerjaan atau sahabat-sahabatnya.

Bagaimana Aktivitas Melamun justru Bermanfaat?

Para ahli menemukan jika ketika seseorang melamun, berarti ia membiarkan pikirannya berputar dan mencari berbagai solusi atas setiap masalah yang dihadapi. Secara tidak sadar, aktivtas melamun membuat seseorang berpikir lebih kreatif dan inovatif atas segala sesuatu. 

"Pernahkah saat sedang mandi, muncul suatu hal di kepala padahal kita sedang tidak memikirkannya? Itu karena dengan melamun, pikiran dapat membuat koneksi yang lebih luas. Pikiran bisa lebih kreatif dan inobvatif." ujar psikoterapis dan penulis A Clinician’s Guide to Dream Therapy, Leslie Ellis.

Melamun juga dipercaya bisa mengendalikan perasaan seseorang dan mengelola kecemasan dalam dirinya. Orang-orang yang optimis, dengan melamun justru akan membuatnya lebih tenang karena ia sudah menemukan solusi pada setiap masalah yang sedang ia hadapi. 

Menariknya lagi, melamun ternyata bisa bermanfaat memperkuat hubungan seseorang terhadap sesuatu termasuk hubungan asmara. “Ketika kita membayangkan sesuatu dengan jelas, bahkan jika kita melibatkan indera lain, otak kita tidak kemungkinan tidak membedakannya dari kenyataan. Misalnya, ketika kita membayangkan hubungan yang sangat tulus dengan seseorang, sebagian besar rasanya seperti kita memang sudah melakukannya.” Tambah Leslie.

Sisi Negatif Melamun

Meski melamun memiliki beberapa manfaat, melamun juga memiliki sisi negatif tersendiri. Seseorang yang terlalu sering melamun dan berpikir berlebihan memiliki risiko Depresi lebih tinggi. Mengutip laman Association for Psychological Science, jenis pikiran spontan yang muncul begitu saja saat melamun terkadang memang dapat memiliki konsekuensi negatif yang bisa menyebabkan stres bahkan depresi. 

Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading