Sukses

Health

Punya Gejala yang Sama, Begini Cara Membedakan Cacar Monyet dan Cacar Ular

Fimela.com, Jakarta Selain hepatitis, cacar monyet tengah menjadi perhatian dunia. Diketahui, virus ini tengah menyebar cepat di beberapa negara di Eropa dan Amerika.

Terbaru, Pusat Pengendalian Penyakit Eropa (ECDC) pada Rabu, (25/2/2022) melaporkan bahwa cacar monyet telah menginfeksi sebanyak 2019 orang di dunia. Total tersebut diidentifikasi di luar negara endemic cacar monyet seperti Afrika Tengah dan Barat.

“Ini adalah pertama kalinya rantai penularan dilaporkan di Eropa tanpa hubungan epidemiologis yang diketahui Afrika Barat atau Tengah,” kata ECDC seperti yang dikutip dari Channel News Asia.

Cacar monyet umumnya memiliki gejala yang sama seperti gejala cacar ular atau (Cacar api/herpes zoster). yang ditandai sebelum ruam yakni lelah, kedinginan, dan nyeri otot. Dalam beberapa kasus, seseorang juga mengalami rasa sakit, gatal, kesemutan dan rasa terbakar pada kulit sebelum ruam muncul.

Melihat beberapa kesamaan antara cacar monyet dan cacar ular tentunya dapat menimbulkan kebingungan dan kekhawatiran bagi banyak orang. Lantas, bagaimana cara membedakannya? Simak penjelasan berikut ini selengkapnya, Sahabat Fimela!

 

Gejala Cacar Monyet

Cacar monyet adalah penyakit zoonosis atau penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyebar antara hewan dan manusia. Gejala umum cacar monyet adalah ruam yang biasanya muncul satu sampai lima hari setelah gejala pertama. Ruam tersebut dapat muncul pada:

  • Wajah (96% kasus)
  • Telapak tangan dan telapak kaki (75% kasus)
  • Di dalam mulut (70% kasus)
  • Alat kelamin (30% kasus)
  • Mata (20% kasus)
 

Gejala Cacar Ular

Sementara cacar ular merupakan infeksi virus yang menyebabkan munculnya ruam atau lepuh menyakitkan pada kulit. Kondisi ini disebabkan oleh virus varicella-zoster, yang juga menjadi penyebab cacar air.

Dilansir dari Cleveland Clinic, ruam cacar ular paling sering muncul sebagai pita ruam atau lepuh di satu area tubuh. Gejala cacar ular yang muncul yakni:

  • Nyeri, terbakar, mati rasa atau kesemutan
  • Kepekaan terhadap sentuhan
  • Ruam merah setelah rasa sakit
  • Lepuh berisi cairan yang pecah dan mengeras
  • Gatal

Satu perbedaan lain antara cacar ular dan ruam lainnya adalah pola cacar yang berkembang. Ruam cacar ular ini biasanya membentuk pola di sepanjang saraf dada atau perut.

Namun, untuk mengetahui dengan pasti apakah itu cacar monyet atau cacar ular, pastikan kamu berbicara dengan dokter. Dalam kebanyakan kasus, dokter bisa membuat diagnosis berdasarkan riwayat medis, pemeriksaan fisik, dan gejala.

 

 

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading