Sukses

Health

Aturan Konsumsi Sayur dan Alasan Pentingnya Konsumsi Sayur Saat Hamil

Fimela.com, Jakarta Momen kehamilan menjadi momen yang sangat mengesankan buat setiap perempuan. Saat hamil, setiap perempuan dianjurkan untuk menjaga kesehatan dan menutrisi tubuhnya dengan lebih baik lagi. Ibu hamil juga sangat dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan. 

Meski sangat dianjurkan untuk konsumsi sayur selama kehamilan, ada beberapa aturan yang penting diperhatikan. Melansir dari laman babycenter.com, aturan tersebut mulai dari pemilihan jenis sayuran dan takaran berapa banyak sayur yang boleh dikonsumsi setiap harinya. Tak hanya aturan, beberapa manfaat konsumsi sayur selama kehamilan juga disebutkan dalam hal ini.

Aturan Konsumsi Sayur Saat Hamil

Saat hamil, para ahli menyebutkan bahwa semua jenis sayur bisa dikonsumsi. Ini mengingat bahwa sayur mengandung nutrisi berupa vitamin dan zat lain yang dibutuhkan tubuh Mom maupun janin di dalam kandungan. 

Namun harus diingat, sata konsuumsi sayur, pastikan jika sayur dicuci hingga benar-benar bersih. Pastikan juga sayuran dimasak hingga benar-benar matang. Para ahli tidak merekomendasikan ibu hamil konsumsi sayur yang masih mentah karena dikawatirkan sayuran ini mengandung pestisida atau zat lain yang cukup berbahaya buat kesehatan Mom maupun janin. 

Penelitian yang dilakukan ahli menemukan jika ibu hamil setidaknya konsumsi sayur sebanyak 5 porsi setiap harinya atau kurang lebih sebanyak 400 gram. 

Manfaat Konsumsi Sayur Bagi Ibu Hamil

Konsumsi sayur selama kehamilan memiliki banyak manfaat untuk tubuh Mom maupun janin. Manfaat tersebut antara lain sebagai berikut: 

  • Mencegah risiko diabetes. 
  • Membantu mengatasi masalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. 
  • Menjaga kesehatan saluran pencernaan. 
  • Membantu memiliki kulit yang sehat, segar dan terawat. 
  • Mencegah komplikasi pada janin. 
  • Bantu mencegah dan mengatasi risiko stres maupun depresi. 
  • Bantu melancarkan produksi ASI agar saat menyusui ASI lancar serta berlimpah. 

Itulah beberapa aturan yang harus diingat saat konsumsi sayur selama menyusui dan manfaat konsumsi sayur saat menyusui. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading