Sukses

Health

Benarkah Pola Makan Bisa Menentukan Jenis Kelamin Janin? Cek Faktanya

Fimela.com, Jakarta Momen kehamilan menjadi momen yang sangat mengesankan buat setiap perempuan. Saat hamil, ada bermacam perasaan di dada. Kehamilan dan hadirnya buah hati adalah berkah yang ditunggu-tunggu setiap pasangan apalagi yang baru menikah. 

Karena itulah banyak pasangan yang mengusahakan kehamilan bahkana mengusahakan jenis kelamin anak yang ingin dikandung. Salah satu usahanya adalah dengan makan jenis makanan tertentu selama program kehamilan. 

Lantas, benarkah makanan bisa menentukan jenis kelamin anak saat hamil?

Makanan dan Jenis Kelamin Janin

Melansir dari laman babycenter.com, penelitian menemukan jika kandungan nutrisi yang terdapat pada makanan yang dikonsumsi selama menjalankan program kehamilan disinyalir berpengaruh pada jenis kelamin janin bayi nantinya. 

Penelitian yang dilakukan para ahli di University of Exeter, Inggris menemukan jika makanan dengan kandungan nutrisi tinggi seperti makanan kaya karbohidrat dan protein tinggi yang dikonsumsi saat merencanakan kehamilan meningkatkan peluang hamil anak laki-laki. Peneliti menemukan jika tidak hanya Mom yang perlu konsumsi makanan ini tetapi juga suami. 

Dalam penelitian tersebut ditemukan jika 46 persen perempuan yang sering konsumsi makanan kaya karbohidrat dan protein selama merencanakan kehamilan akan hamil anak laki-laki. Selebihnya, 44 persen perempuan yang jarang konsumsi makanan kaya karbohidrat dan protein selama merencanakan kehamilan akan hamil anak perempuan. 

Sementara itu, penelitian lain yang dilakukan peneliti di University of Missouri dan GenUs BioSystems, menemukan jika perempuan yang konsumsi makanan tinggi lemak berpeluang hamil anak laki-laki dan perempuan yang konsumsi makanan rendah lemak berpeluang hamil anak perempuan. 

Meski makanan bisa saja pengaruhi jenis kelamin janin, ini tak bisa dijadikan patokan. Jenis kelamin anak pada dasarnya adalah ketentuan Tuhan. Makanan saja tidak cukup meningkatkan peluang kehamilan dengan jenis kelamin janin sesuai yang diharapkan. Ada banyak faktor lain yang berpengaruh pada jenis kelamin janin. 

#WoomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading