Sukses

Health

Mengelola Stres dengan Baik Bermanfaat Menurunkan Berat Badan

Fimela.com, Jakarta Bagi kamu yang sedang melakukan program diet atau ingin menurunkan berat badan, pastikan untuk mengelola stres dengan sebaik mungkin. Penelitian menemukan jika orang-orang yang bisa mengelola stresnya dengan baik, besar kemungkinan ia mendapatkan keberhasilan untuk menurunkan berat badan. 

Melansir dari laman healtline.com, stres yang tidak tertangani dengan baik akan menyusahkan seseorang menurunkan berat badan. Stres yang terus menerus dialami seseorang, justru akan meningkatkan risiko kegemukan atau obesitas. Sedangkan stres yang tertangani dengan baik, ini meningkatkan peluang penurunan berat badan lebih besar.

Stres Mengganggu Metabolisme Tubuh

Kadar stres yang tinggi bisa menghambat penurunan berat badan. Itu alasan orang yang punya banyak pikiran menjadi sulit menurunkan berat badan karena proses pembakaran kalorinya terganggu. 

Mengutip dari laman liputan6.com, dokter spesialis gizi klini Shiela Stefani mengatakan, “Hormon stres mengganggu metabolisme tubuh.” Saat sistem metabolisme terganggu ini akan menyulitkan seseorang untuk menurunkan berat badan. Ini juga akan membuatnya malas olahraga. Padahal, olahraga adalah kunci terpenting akan sukses tidaknya program penurunan berat badan.

Pilihan Makanan untuk Menurunkan Berat Badan

Untuk mencapai keberhasilan dalam menurunkan berat badan, satu hal lagi yang tak boleh dilupakan selain mengelola stres dengan baik adalah pemilihan makanan sehari-hari. Pastikan untuk memilih makanan yang rendah lemak serta kalori agar berat badan turun secara perlahan namun pasti. Perbanyak konsumsi sayur, buah dan sumber protein yang rendah lemak juga karbohidrat yang seimbang. 

Saat diet, Sahabat Fimela bukannya berhenti makan. Namun perhatikan lagi jenis makanan yang dikonsumsi. Shiela mengatakan, “Bukan jadi tidak makan, tapi ubah ke jenis makanan lebih sehat. Jadwal harus teratur, kalau tidak teratur seperti skip sarapan, yang terjadi saat siang makan jadi kalap dan berlebihan. Ini jelas tidak baik untuk program diet." katanya.

Untuk mendapatkan keberhasilan dalam diet, pastikan agar pikiran bahagia Sahabat Fimela. Saat pikiran bahagia, kamu akan lebih teliti dan hati-hati dalam memilih makanan yang cocok untuk diet, lebih semangat olahraga dan semangat menerapkan pola hidup sehat. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading