Sukses

Health

4 Tips Mengatasi Perut Kembung Secara Alami

Fimela.com, Jakarta Pada umumnya orang kentut setiap 14-23 kali per hari. Kentut merupakan gas yang dari tubuh sisa dari makanan yang telah dicerna. Pada umumnya kentut tidak berbau. Meskipun mengeluarkan dan memproduksi gas adalah bagian alami dari tubuh, banyak orang merasa tidak nyaman dan menghindarinya adalah cara terbaik. Namun, kentut tidak dapat dihentikan sepenuhnya tetapi kamu dapat mengurangi jumlah gas dalam sistem tubuhmu untuk mengurangi rasa kembung.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantumu untuk mengatasi dan mengurangi perut kembung. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Makan Secara Perhatian

Sebagian besar gas dalam tubuh bisa membuat kita merasa begah dan kembung. Tentu saja, ini bisa dihentikan. Kamu dapat mengatasinya dengan cara makan secara perlahan. Kamu dapat menelan lebih banyak udara ketika akan terlalu cepat. Itulah mengapa sangat penting untuk makan perlahan sambil menjaga mulut tetap tertutup.

Kurangi Mengonsumsi Makanan yang Menghasilkan Gas

Makanan tertentu terutama karbohidrat yang mengandung fruktosa, laktosa, serat tidak larut, dan pati adalah penyebab utama produksi gas yang tinggi dalam tubuh. Karbohidrat ini disimpan di usus besar dan menyebabkan berbagai masalah pencernaan di dalam tubuh.

Tambahkan Lebih Banyak Probiotik

Usus menyimpan campuran bakteri baik dan jahat. Gas hidrogen diproduksi selama pencernaan dan bakteri sehat membantu mengurangi efek gas ini pada tubuh. Makanan kaya probiotik dapat meningkatkan flora usus yang baik dan mengurangi masalah terkait pencernaan termasuk IBS. Yoghurt, kefir, kimchi, dan Kombucha dapat ditambahkan ke dalam makanan.

Mengatasi Sembelit

Tak perlu dikatakan, jika sistem pencernaan tidak pada jalurnya maka kamu mungkin mengalami kentut yang lebih bau dan berlebihan karena kotoran memiliki banyak bakteri dan maka makanan akan lebih lama berada di dalam usus besar, fermetasi di dalam usus besar inilah yang dapat menghasilkan banyak gas. Untuk mengatasi sembelit, pastikan untuk meningkatkan asupan air, serat, dan makanan kaya probiotik.

 

Perut kembung bikin kamu nggak nyaman? Cara-cara di atas mungkin dapat membantumu untuk mengatasinya. Semoga informasi di atas bermanfaat. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading