Sukses

Health

Apa Manfaat Bawang Putih? Simak 7 Khasiat Kesehatan Ini

Fimela.com, Jakarta Bawang putih memiliki banyak sekali kandungan senyawa kimia yang berkhasiat untuk tubuh. Bukan hanya berfungsi sebagai bumbu masakan, ada banyak sekali manfaat yang bisa diberikan bawang putih untuk tubuh, seperti sekian manfaat ini.

1. Menguatkan sistem kekebalan tubuh

Makan bawang putih mentah diketahui mampu mencegah berbagai penyakit karena infeksi ringan seperti demam, batuk, pilek dan beberapa infeksi lainnya. Kandungan sulfur, diallyl disulfide dan s-allyl cysteine berperan penting menjaga imunitas tubuh. Jika kurang suka dimakan mentah, boleh juga dimakan dalam keadaan matang namun porsinya lebih banyak atau dibuat sup bawang yang gurih.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi bisa menjadi penyebab penyakit serius lainnya seperti stroke dan serangan jantung. Ekstrak bawang putih juga diketahui mampu menurunkan tekanan darah seperti obat tekanan darah pada umumnya. Caranya cukup makan empat siung bawang putih setiap harinya.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi bisa disebabkan oleh banyak hal, namun yang paling utama adalah kolesterol dari makanan dan terbentuknya kolesterol di dalam tubuh. Jika kadar komponen lemak dalam darah jahat terlalu banyak, tentu akan mengundang banyak penyakit seperti jantung koroner, serangan jantung, stroke dan lain sebagainya. Mengonsumsi bawang putih bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah sehingga menurunkan risiko penyakit-penyakit tersebut.

4. Mencegah penyakit kanker

Kandungan antioksidan beserta berbagai vitamin dan mineral pada bawang putih mampu menjaga kesehatan sel-sel sehat di dalam tubuh sehingga mencegah berkembangnya sel abnormal. Kandungan antioksidan di dalam bawang putih berfungsi menetralkan radikal bebas di dalam tubuh yang ikut berperan dalam menjaga kesehatan tubuh.

5. Sebagai antibiotik

Bawang putih memiliki sifat antibiotik karena mengandung allicin. Senyawa antibiotik bioaktif ini dapat membantu melawan infeksi dan bakteri. Sari bawang putih terbukti menekan pertumbuhan elemen jamur, elemen protozoa, infeksi virus dan berbagai macam bakteri. Bwang putih juga tidak akan mengganggu kerja obat antibiotik konvensional, justru membantu kinerjanya.

6. Mencegah Alzheimer dan demensia

Karena bawang putih memiliki kandungan antioksidan tinggi, secara alami keluarga Allium ini membantu mencegah kerusakan oksidatif yang terjadi di dalam tubuh. Sifat antioksidan ini ternyata juga dapat membantu mencegah penyakit kognitif tertentu seperti demensia dan Alzheimer karena mampu menjaga kinerja saraf dan sel-sel di dalam otak agar bekerja optimal dan membantu regenerasi yang sehat.

7. Mendetoksifikasi tubuh

Bawang putih juga berfungsi sebagai makanan detoksifikasi, membersihkan tubuh dari berbagai racun yang menumpuk di tubuh, baik yang dihasilkan oleh tubuh maupun dari benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Banyak senyawa kimia dapat merugikan tubuh seperti pestisida, kosmetik, radiasi dan lainnya. Bawang putih mendorong produksi glutathione oleh berbagai enzim hati yang membantu mendetoks tubuh.

Itu dia sekian manfaat bawang putih untuk kesehatan.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading