Sukses

Health

5 Faktor Penyebab Anemia Pada Ibu Hamil yang Kerap Terjadi

Fimela.com, Jakarta Seseorang yang sedang hamil terkadang akan rentan dengan beberapa masalah kesehatan, selain itu tanda awal kehamilan pada seseorang juga berkaitan dengan masalah kesehatan yang mungkin mereka alami. Perempuan yang sedang hamil rentan dengan pusing, dehidrasi, nyeri, dan tak nyaman.

Salah satu masalah kesehatan yang kerap sekali terjadi pada ibu hamil adalah anemia, masalah satu ini mungkin akan sering terjadi di pagi maupun malam hari. Selain itu anemia yang dirasakan akan membuat ibu hamil kesulitan untuk melakukan aktivitasnya. 

Ada banyak faktor penyebab yang membuat ibu hamil mengalami anemia, berikut beberapa penyebab anemia pada ibu hamil yang kerap sekali terjadi:

1. Pola Makan

Salah satu hal yang membuat ibu hamil mengalami anemia adalah pola makan yang tidak teratur, beberapa orang yang hamil terkadang akan mengkonsumsi makanan yang beragam dan tidak berhati-hati. Selain itu hal inilah yang membuat ibu hamil rentan dengan anemia yang mereka rasakan, saat hamil sangat dibutuhkan makanan yang seimbang dan bergizi.

2. Infeksi

Selanjutnya hal yang dapat menyebabkan ibu hamil mengalami anemia adalah infeksi, infeksi yang dialami oleh ibu hamil dapat menyebabkan kehilangan zat besi seperti kecacingan dan malaria. Infeksi ini berasal dari beberapa serangga maupun makanan yang mereka konsumsi. 

3. Kekurangan Energi Kronik

Kekurangan nergi kronik merupakan salah satu malnutrisi, keadaan satu ini biasanya membuat ibu hamil menderita kekurangan makanan yang berlangsung menahun yang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan pada ibu hamil. Selain itu hal ini juga ditandai dengan kekurangan gizi seperti kalori dan protein.

4. Kehamilan Berulang

Selanjutnya yang dapat menyebabkan anemia pada ibu hamil adalah kehamilan berulang yang memiliki rentan waktu tidak lama atau dalam waktu yang tidak singkat. Seseorang yang mengalami hal ini akan lebih sering mengalami anemia yang mereka rasakan.

Nah, itulah beberapa faktor penyebab anemia pada ibu hamil yang kerap sekali terjadi dan pelru diwaspadai. Masalah satu ini sangat diperlukan dokter untuk penanganan agar mendapatkan perawatan yang tepat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading