Sukses

Health

Mengenal 3 Hormon Penting Ini dalam Tubuh Perempuan

Fimela.com, Jakarta Hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh perempuan memiliki peranan yang penting dalam mendukung perkembangan organ reproduksi dan perubahan fisik. Pria juga memiliki kedua hormon tersebut dalam tubuhnya tetapi jumlahnya lebih sedikit.

Sementara itu, hormon testosteron dalam tubuh perempuan berperan dalam mengatur mood dan emosi, serta menjaga gairah seks. Jika dibandingkan dengan pria, kadar hormon ini jumlahnya lebih sedikit pada tubuh perempuan. Mengapa demikian? Simak pembahasan berikut.

Hormon Estrogen

Selama siklus menstruasi, kadar estrogen dalam tubuh meningkat. Peningkatan hormon ini memengaruhi pematangan dan pelepasan sel telur dan penebalan dinding rahim untuk tempat berimplantasi sel telur yang telah dibuahi.

Beberapa fungsi hormon estrogen antara lain mengatur siklus menstruasi, menunjang kehamilan yang sehat, berperan dalam kesehatan rambut dan kulit, perubahan fisik, pembentukan tulang, dan otot-otot panggul, hingga menjaga suhu tubuh agar tetap stabil.

Hormon Progesteron

Ini adalah hormon yang penting dalam siklus menstruasi. Progesteron mempersiapkan endometrium setelah ovulasi dengan memicu penebalan dinding rahim. Hormon progesteron juga mencegah kontraksi otot di rahim yang bisa menyebabkan tubuh menolak sel telur.

Hormon ini memperkuat jaringan rahim untuk tempat menempel sel telur yang telah dibuahi. Jika terjadi kehamilan, progesteron yang membantu perkembangan janin, menjaga kandungan, dan menghindarkan dari keguguran.

Hormon Testosteron

Sama seperti pria, perempuan ternyata memiliki kadar hormon testosteron tetapi jumlahnya jauh lebih sedikit. Hormon ini mengatur suasana hati, memengaruhi dorongan seksual, dan berperan dalam kesehatan tulang dan otot.

Kadar testosteron yang tinggi dalam tubuh perempuan bisa menyebabkan peningkatan masa otot, suara yang lebih berat, dan munculnya rambut pada wajah. Kondisi tersebut biasanya ditemui pada penderita PCOS dan dapat menyebabkan infertilitas atau ketidaksuburan.

Masing-masing hormon memiliki peran yang penting untuk mengatur fungsi tubuh yang kompleks. Maka dari itu, keseimbangan hormon-hormon dalam tubuh sangat penting. Sekian informasi 3 hormon penting dalam tubuh perempuan. Semoga bisa menambah wawasan dan membantu kita untuk lebih mengenali hormon dalam tubuh.

Ditulis oleh: Aulia Oktafia Mahmudah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading