Sukses

Health

4 Cara Efektif Mencegah Penularan Herpes Genital

Fimela.com, Jakarta Herpes genital atau herpes kelamin adalah infeksi pada alat kelamin yang disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe 1 (HSV-1) dan tipe 2 (HSV-2). Pada beberapa kasus, herpes genital bisa memunculkan komplikasi, seperti peradangan, masalah kehamilan, infeksi pada bayi saat melahirkan, hingga yang paling parah yaitu HIV/AIDS.

Sahabat Fimela mungkin bertanya-tanya adakah cara efektif untuk menghindari penularan herpes genital? Jawabannya ada! Simak pembahasan berikut ini, ya.

1. Bersikap Terbuka

Untuk kebaikan bersama, bersikaplah terbuka dan jujur kepada pasangan. Seseorang yang terkena infeksi menural seksual cenderung memiliki penyakit ini. Bertanyalah satu sama lain terkait pernah tidaknya terinfeksi herpes genital. Jika pernah, jangan lupa untuk mempraktekkan safe sex dengan selalu memakai kondom saat berhubungan seks untuk mencegah penularan.

2. Tidak Berganti-ganti Pasangan

Hindari terlalu banyak melakukan hubungan seksual dengan orang yang berbeda-beda. Berganti-ganti pasangan seksual ditambah tidak memakai kondom saat berhubungan akan semakin mempertinggi resiko penularan infeksi virus herpes genital. Baiknya, hanya berhubungan dengan satu orang saja untuk memperkecil resiko penularan.

3. Hindari Melakukan Aktifitas Seksual Jika Pasangan Memiliki Luka di Kelamin

Penderita herpes genital sering kali tidak menunjukkan gejala. Namun, jika pasanganmu menunjukkan gejala terinfeksi, jangan melakukan aktifitas seksual dulu. Hindari juga untuk melakukan hubungan seks jika pasanganmu melakukan luka di kelaminnya sampai luka tersebut benar-benar sembuh. Periksakan ke dokter bila perlu.

4. Memakai Kondom

Ini adalah cara paling efektif untuk mencegah penularan herpes genital. Pastikan pasanganmu selalu memakai kondom tiap berbuhungan seks. Virus herpes genital bertahan hidup di alat kelamin. Penularannya terjadi melalui sentuhan langsung. Selain menggunakan kondom, maka cara apa pun, termasuk KB jenis apa pun tidak bisa menghindarkan dari infeksi herpes genital.

Sekian informasi mengenai penularan herpes genital, semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membuat kita semakin sadar tentang pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan agar terhindar dari infeksi virus herpes genital atau herpes kelamin.

Ditulis oleh: Aulia Oktafia

What's On Fimela
Loading