Sukses

Health

4 Hal Ini Mungkin Kamu Alami di Tahun Pertama Menstruasi

Fimela.com, Jakarta Menstruasi pertama disebut juga menarche. Menarche dialami oleh setiap perempuan yang berumur 10-15 tahun. Datangnya menstruasi menjadi pertanda bahwa seorang perempuan berada di tahap remaja menuju dewasa. Perempuan yang baru mengalami menstruasi biasanya akan mengalami hal di bawah ini.

1. Darah Menstruasi Tidak Hanya Berwarna Merah

Tidak selalu merah, darah menstruasi yang berwarna merah muda, terang, gelap, tua, bahkan kecokelatan masih normal. Warna darah yang semakin gelap menandakan siklus menstruasi akan segera berakhir. Periksakan ke dokter jika darah yang keluar berwarna oranye dan abu-abu yang menandakan terjadi infeksi.

2. Menstruasi yang Belum Teratur itu Normal

Pada dua hingga tiga tahun pertama, akan sangat wajar jika menstruasi perempuan belum teratur. Menstruasi bahkan bisa datang tiga bulan sekali. Pada tahun-tahun pertama, akan sulit memprediksi kapan menstruasi datang kembali.

3. PMS Ternyata Tidak Dialami Semua Orang

Tidak semua perempuan mengalami gejala PMS, seperti kembung, perut kram, sakit pinggang, nyeri payudara, mood swing, dan gejala PMS lainnya. Perempuan biasanya mengalami gejala tersebut seminggu sebelum menstruasi, namun ada juga yang tidak mengalaminya.

4. Kram Menstruasi yang Parah Itu Tidak Wajar

Jika rasa sakitnya masih dalam tahap wajar, kram perut saat menstruasi memang normal terjadi. Tetapi jika rasa sakitnya teramat sangat sampai mengganggu aktifitas, ini sudah tidak normal lagi dan perlu diwaspadai. Konsultasikan pada dokter karena ini bisa menjadi gejala penyakit tersembunyi.

Apakah Sahabat Fimela juga mengalami empat hal tersebut di tahun pertama menstruasi?

Ditulis oleh: Aulia Oktafia

What's On Fimela
Loading