Sukses

Health

Tips Mudah Agar ASI Lancar Setelah Melahirkan

Fimela.com, Jakarta Hamil, melahirkan dan menyusui menjadi momen yang sangat mengesankan untuk setiap perempuan. Namun sayangnya, terkadang momen ini juga menjadi momen yang bikin resah. Salah satunya ketika ASI (Air Susu Ibu) tidak lancar pasca melahirkan. 

Kurang lancarnya ASI setelah melahirkan pada satu atau dua hari setelah melahirkan adalah hal yang umum terjadi. Mom tak perlu panik menghadapi hal ini. Rasa panik dan cemas justru akan membuat ASI yang keluar semakin kurang lancar. Stres dan kecemasan akan menghambat kelancaran ASI.

Bayi Bisa Tanpa ASI di Hari Pertama Kelahirannya

Sebenarnya bayi bisa tanpa ASI di hari pertama ia dilahirkan. Bayi bahkan bisa bertahan tanpa ASI hingga dua hari setelah dilahirkan. Ini karena dalam tubuh bayi menyimpan cadangan nutrisi dan energi.

Mengutip dari laman liputan6.com, Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (PP IDAI), dr Piprim Basarah Yanuarso, SpAK mengatakan, “Kalau ibunya paham, dokternya paham, perawatnya paham, suaminya paham, eyangnya paham. Tidak akan tergoda gitu (untuk langsung memberikan susu formula), karena bayi itu 24 jam pertama bahkan dua hari pertama itu bisa tanpa ASI.”

"Kuncinya adalah kesabaran semua pihak di hari-hari pertama kehidupan bayi. Karena di situ ketika langsung dikasih sufor (susu formula), bayinya kenyang. Nah kalau bayinya kenyang, nyedotnya lemah. Kalau nyedotnya lemah, ini bisa membuat produksi ASI makin seret. Jadinya sudah giru saja, muter-muter di situ saja. ASI justru bisa semakin tidak lancar.” Tambahnya. 

Tips Melancarkan Produksi ASI

Agar produksi ASI lebih lancar di hari pertama, kedua dan ketiga hingga seterusnya setelah melahirkan, usahakan untuk konsumsi air putih cukup setiap harinya. Mom disarankan untuk minum air putih sebanyak 1,5 liter setiap hari setelah melahirkan. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi seperti sayuran, buah-buahan, ikan, daging, ayam dan telur. Ini agar kualitas ASI semakin baik. 

Pastikan juga untuk lebih sering menyusui dan memastikan bahwa bayi menyusui dengan benar. Semakin sering bayi menyusu, maka akan semakin merangsang produksi ASI Mom. Usahakan untuk menempelkan mulut bayi ke puting dengan baik dan benar agar ia lebih muda menyedot ASI. Hal ini akan membuat produksi ASI semakin baik dan lancar. 

Itulah sekilas mengenai menyusui dan kelancaran ASI setelah melahirkan. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading