Sukses

Health

10 Cara Mudah untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak

Fimela.com, Jakarta Memiliki otak yang cerdas dan memiliki daya ingat baik adalah impian semua orang. Namun sayangnya, beberapa aktivitas sehari-hari dan pola hidup membuat kemampuan berpikir seseorang berkurang. Tidak sedikit orang yang seiring dengan bertambahnya usia kemampuan berpikir dan kecerdasan otaknya berkurang. Bahkan, untuk sekedar mengingat daftar belanjaan sehari-hari tidak sebaik sebelumnya. 

Mengenai kemampuan otak yang berkurang, apakah ini bisa diperbaiki? Apakah kecerdasan otak bisa ditingkatkan lagi? Bagaimana kira-kira cara yang bisa dilakukan untuk mencerdaskan otak? 

Mengutip dari laman heatlhline.com, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk merangsang otak dan membuatnya semakin cerdas. Berikut beberapa caranya.

Cara Mudah Mencerdaskan Otak

Untuk membuat otak kembali cerdas atau semakin cerdas, ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan. Cara tersebut antaranya adalah sebagai berikut. 

  1. Mengunjungi tempat baru. Para ahli menemukan jika mengunjungi tempat baru bisa merefresh otak dan membuatnya semakin cerdas. Ini juga meningkatkan pengetahuan baru seseorang. 
  2. Membaca dan menonton berita juga bisa meningkatkan kecerdasan. Aktivitas ini adalah aktivitas ringan untuk mengasah kemampuan berpikir.
  3. Menulis. Seperti membaca, menulis memiliki banyak manfaat untuk kita. Salah satu manfaat terbaiknya adalah mengasah kemampuan otak dan mencerdaskan otak. Menulis juga mengajari seseorang untuk lebih cermat, celiti dan kreatif.
  4. Saat ini gawai adalah kebutuhan yang sangat penting bagi setiap orang. Meski penting, sebaiknya hindari menggunakan gawai terlalu berlebihan. Karena dampaknya bisa menurunkan fungsi otak. Agar otak tetap bekerja dengan baik atau bahkan semakin cerdas, sebaiknya hindari gawai. 
  5. Tingkatkan kreativitas adalah aktivitas yang bisa mencerdaskan otak selanjutnya. Dengan meningkatkan atau menumbuhkan kreativitas, ini mendorong seseorang untuk berpikir lebih kreatif, lebih imajinatif dan lebih baik. Ini yang kemudian membuat otak semakin cerdas bahkan rendah berisiko mengalami masalah demensia. 
  6. Menggambar atau melukis juga bisa mencerdaskan otak. Penelitian menemukan jika orang yang punya hobi menggambar atau melukis umumnya memiliki kemampuan berpikir yang mengesankan atau cerdas. 
  7. Memainkan instrumen musik adalah cara mudah selanjutnya untuk membuat otak semakin cerdas. Ini juga bisa membuat suasana hati semakin bahagia. 
  8. Ngobrol dengan orang yang cerdas, menarik dan berwawasan luas juga bisa meningkatkan kecerdasan otak. Orang-orang yang kerap berkumpul dengan orang cerdas akan terdorong untuk belajar lebih banyak hal dan secara tidak langsung meningkatkan kecerdasannya. 
  9. Istirahat dan olahraga cukup juga berperan penting dalam mencerdaskan seseorang. Pastikan untuk memiliki istirahat dan olahraga cukup jika ingin memiliki tubuh sehat serta kemampuan berpikir yang mengesankan. Istirahat dan olahraga tak hanya berperan menjaga kesehatan fisik seseorang tetapi juga berperan menjaga kesehatan psikis seseorang. 
  10. Konsumsi makanan yang bernutrisi tinggi. Beberapa makanan bermanfaat mencerdaskan otak dan membuat kesehatan otak selalu terjaga. 

Itulah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mencerdaskan otak. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading