Sukses

Health

5 Makanan Sumber Protein Nabati yang Sebaiknya Diberikan ke Anak

Fimela.com, Jakarta Protein menjadi salah satu nutrisi penting untuk tubuh. Protein bahkan menjadi sumber nutrisi yang wajib diberikan ke anak-anak di mana mereka masih dalam masa tumbuh kembang. Mengenai protein, hal ini tidak hanya didapat dari hewani saja. Sumber protein juga bisa berasal dari tumbuh-tumbuhan. 

Dibandingkan dengan sumber protein hewani, sumber protein nabati dari tumbuh-tumbuhan dipercaya lebih sehat karena rendah kolesterol. Ini juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan memiliki harga yang sangat terjangkau. Ini adalah salah satu sumber nutrisi terbaik untuk anak. 

Mengutip dari laman timeofindia.indiatimes.com, ada beberapa sumber protein nabati yang sebaiknya diberikan ke anak. Sumber protein tersebut ada dalam beberapa jenis makanan. Apa saja? Simak yang berikut ini.

Kacang Kedelai

Sumber protein nabati pertama yang penting diberikan ke anak adalah kacang kedelai atau olahannya. Beberapa olahan dari kacang kedelai antara lain adalah tahu, tempe, susu kedelai atau bubuk soya. Selain kaya akan protein, kacang kedelai juga kaya akan sumber nutrisi lain yang sangat dibutuhkan oleh tubuh anak.

Kacang Hijau

Masih dari keluarga kacang-kacangan, kacang hijau juga menjadi sumber protein nabati terbaik untuk anak. Kacang hijau dan olahannya mulai dari bubur kacang hijau, selai kacang hijau, tauge dan sejenisnya bisa menjadi makanan yang sebaiknya diberikan ke anak. Kacang hijau tak hanya mengandung protein saja tetapi juga mengandung berbagai nutrisi dan vitamin di dalamnya.

Alpukat

Buah alpukat juga menjadi sumber protein yang terbaik untuk anak. Buah alpukat bahkan bisa diberikan ke anak saat anak mulai dikenalkan pada MPASI (Makanan Pendamping ASI). 

Jagung

Jagung adalah sumber protein berikutnya. Jagung bisa diolah menjadi berbagai makanan lezat bahkan tanpa tambahkan pemanis makanan di dalamnya. Jagung telah memiliki rasa manis alami yang baik untuk anak. Jagung juga mengandung segudang nutrisi lain selain protein di dalamnya. 

Brokoli

Sayur brokoli menjadi salah satu super food atau makanan terbaik. Ini mengingat bahwa brokoli mengandung berbagai nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh salah satunya protein. Brokoli juga memiliki cita rasa yang lezat dan menggugah selera. 

Itulah beberapa sumber protein nabati yang sebaiknya diberikan ke anak. Aneka makanan ini bisa menjadi sumber nutrisi terbaik anak yang menunjang tumbuh kembangnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading