Sukses

Health

5 Cara Redakan Stres dan Jernihkan Pikiran tanpa Keluar Rumah

Fimela.com, Jakarta Saat sedang stres, biasanya kita ingin mencari semacam pelarian atau pergi ke tempat yang jauh sekali. Ya, berlibur atau pergi ke tempat baru bisa jadi salah satu cara untuk redakan stres. Namun, ketika masih belum ada waktu atau kesempatan untuk pergi jauh, kita bisa coba cari cara lain untuk menjernihkan pikiran tanpa harus keluar rumah.

Berikut ini lima cara sederhana yang bisa dicoba untuk bantu redakan stres dan jernihkan pikiran di rumah. Selengkapnya, langsung simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Menonton Tayangan yang Mengundang Tawa

Menonton video, film, atau serial yang lucu bisa bantu redakan stres di rumah. Dengan banyak tertawa kita secara bersamaan memotong kecemasan dan stres yang berdampak pada tubuh. Selain itu, pengurangan hormon stres dapat menghasilkan kinerja sistem kekebalan yang lebih tinggi. Dengan tertawa, tubuh juga akan melepaskan endorfin, yang dapat membantu meringankan rasa sakit kronis dan membuatmu merasa nyaman di seluruh tubuh.

 

 

 

2. Melakukan Kegiatan Berbenah

Cobalah untuk menata sesuatu atau berbenah di rumah. Melansir laman drjen.com, menurut sebuah penelitian baru dari Cleaning Rush Study oleh Mr. Clean, aktivitas bersih-bersih bisa meningkatkan suasana hati dan meningkatkan produksi adrenalin. Adanya peningkatan suasana hati jadi lebih tenang dan bahagia setelah kegiatan bersih-bersih bisa sangat membantu kita untuk merasa lebih tenang.

 

 

3. Melakukan Meditasi

Meditasi adalah proses kebiasaan melatih pikiran untuk fokus dan mengarahkan pikiran. Sebuah artikel dalam Journal of Clinical Medicine, 2018, melaporkan bahwa gerakan meditasi tradisional, seperti tai chi, yoga, dan qigong, efektif untuk menangani berbagai masalah seperti rasa cemas, masalah tidur, dan depresi. Gerakan meditasi bisa dipilih untuk meredakan stres dan menenangkan diri.

 

 

4. Mendengarkan Musik

Mengutip laman lifehack.org, sebuah penelitian menunjukkan bahwa ketika kamu mendengarkan musik yang kamu suka, otakmu melepaskan dopamin, senyawa yang membuatmu lebih bahagia. Saat kamu membutuhkan semangat baru atau dorongan emosional, dengarkan lagu favoritmu selama 15 menit dan kamu akan punya emosi dan energi yang lebih positif dari sebelumnya.

 

 

5. Menulis Jurnal

Menuangkan isi hati dan perasaan ke dalam tulisan bisa bantu redakan stres. Melansir laman Insider, Carla Marie Manly, PhD, seorang psikolog klinis dan ahli kesehatan mengungkapkan bahwa menulis jurnal bisa memberi manfaat kesehatan mental, emosi, spiritual, dan fisik tergantung dari tujuan kita melakuannya. Biasanya kita stres karena sulit mencerna situasi yang ada. Menuliskan semua isi hati dan perasaan dalam jurnal memudahkan kita untuk mengelola stres yang kita rasakan.

Itu tadi lima hal yang bisa dicoba untuk bantu redakan stres di rumah. Semoga infonya bermanfaat, ya Sahabat Fimela.

 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading